14 Desember 2017 09:26:26

5 Manfaat Kegiatan Class Meeting di Sekolah

Class meeting bermanfaat untuk perkembangan fisik dan mental siswa.

Class meeting merupakan program sekolah yang biasanya diselenggarakan selama 3 hingga 6 hari setelah Ujian Akhir Semester (UAS) atau Ujian Kenaikan Kelas (UKK) berakhir. Selain mengisi waktu setelah kegiatan belajar-mengajar selesai, class meeting juga ditujukan untuk mempertemukan setiap kelas dalam suatu rangkaian kegiatan. Secara umum, kegiatan-kegiatan dalam class meeting selalu mengutamakan unsur edukasi dan rekreasi. Kegiatan-kegiatan tersebut biasanya berupa perlombaan, pentas seni, permainan, bakti sosial, maupun bakti lingkungan.

Class meeting tidak hanya sekadar menjadi kegiatan untuk mengisi kekosongan waktu belajar, tetapi menjadi alternatif kegiatan pembelajaran yang bermanfaat untuk perkembangan fisik dan mental siswa. Oleh karena itu, kegiatan class meeting di sekolah perlu mendapat dukungan, baik pihak sekolah maupun orang tua. Berikut ini lima manfaat utama yang diperoleh siswa saat mengikuti kegiatan class meeting di sekolah.

1. Melatih Bersosialisasi

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama class meeting menuntut adanya partisipasi dari seluruh siswa. Dengan begitu, seluruh siswa dapat berinteraksi dan saling mengenal secara lebih dekat sehingga menambah keakraban antarsiswa. Selain siswa, kegiatan class meeting tersebut juga melibatkan guru sebagai pendamping. Dengan demikian, kegiatan  class meeting dapat melatih siswa bersosialisasi, baik dengan siswa maupun dengan guru.

2. Menyegarkan Pikiran

Pembelajaran yang telah diikuti siswa selama satu semester akan diakhiri dengan pelaksanaan ujian. Rangkaian pembelajaran tersebut dapat menyebabkan siswa merasa jenuh. Penyegaran pun penting untuk dilakukan agar siswa dapat memacu kembali semangatnya. Class meeting menjadi pilihan utama untuk menyegarkan pikiran siswa. Melalui class meeting, guru akan menyelenggarakan berbagai kegiatan rekreasi dengan tidak mengesampingkan unsur edukasi.

3. Menyalurkan Bakat dan Minat

Setiap siswa tentu memiliki bakat dan minat terhadap bidang tertentu yang berbeda satu sama lain. Melalui kegiatan class meeting, siswa difasilitiasi untuk menyalurkan bakat dan minat. Selain itu, siswa juga akan lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya dalam suatu bidang. Jika penyaluran bakat dan minat siswa menjadi fokus utama pelaksanaan class meeting, sekolah dapat mengisi class meeting dengan kegiatan yang variatif. Kegiatan tersebut tentu harus mewakili berbagai keterampilan dari semua mata pelajaran.

4. Mencetak Siswa Berprestasi

Melalui kegiatan class meeting, guru dapat menemukan siswa-siswa yang memiliki bakat menonjol dalam bidang tertentu. Hal tersebut dapat menjadi langkah awal bagi sekolah untuk melakukan pembinaan khusus terhadap siswa-siswa tersebut. Pembinaan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa sehingga dapat diikutsertakan dalam berbagai kompetisi sehingga menjadi siswa yang berprestasi.

5. Melatih Sportivitas dan Mental Bersaing

Kegiatan perlombaan dan permainan menjadi contoh kegiatan class meeting yang paling banyak dipilih oleh guru. Melalui kegiatan tersebut, siswa dilatih untuk memiliki sportivitas dan mental bersaing dengan cara yang menyenangkan. Kedua sikap tersebut tentu sangat bermanfaat dalam pembelajaran, khususnya saat penilaian. Hal itu dikarenakan sportivitas dan mental bersaing adalah modal utama bagi siswa untuk berprestasi dengan cara yang jujur.

Baca juga: 5 Ide Kegiatan agar Class Meeting Lebih Bermakna