08 Desember 2017 10:49:20

Memberi Latihan Soal pada Siswa Lebih Mudah dengan Bank Soal

Menggunakan bank soal Rumah Juara untuk Latihan Siswa

Penilaian hasil belajar merupakan bagian dari proses belajar mengajar yang dalam pelaksanaannya ditetapkan dalam peraturan. Aturan mengenai penilaian tercantum dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Pada pasal 6 diterangkan bahwa penilaian hasil belajar salah satunya dilakukan untuk menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, serta akhir tahun dan/ kenaikan kelas.

Pada praktiknya, semua guru memiliki harapan agar siswa mendapatkan hasil yang maksimal dalam segala jenis penilaian. Hal ini karena pencapaian hasil belajar siswa juga menjadi bahan evaluasi guru pengampu terkait dengan kemampuan mengajar. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru dapat memberikan latihan soal kepada siswa. Guru perlu menyiapkan instrumen penilaian berupa soal sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan materi yang telah diajarkan.

Pentingnya Latihan Soal Menjelang Ujian SD

Mengadakan latihan soal untuk siswa diperlukan agar pencapaian nilai hasil belajarnya semakin maksimal. Sebagaimana dilansir dalam laman college.usatoday, terdapat beberapa alasan tantang perlunya latihan soal. Pertama, latihan soal dapat membantu siswa mengetahui jenis soal (dan jawaban) yang akan muncul dalam penilaian. Kedua, siswa akan mengetahui alasan jawabannya benar atau salah memalui pembahasan sehingga ia akan belajar  mengerjakan soal lain dengan materi sejenis. Ketiga, siswa akan terbiasa mengerjakan soal karena belajar dengan menghafal atau membaca saja belum tentu membuat siswa dapat menerapkannya untuk menjawab soal. Keempat, guru dapat melakukan tes latihan sebanyak mungkin dan memonitor kemajuan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu.

Bank soal Rumah Juara Memudahkan Guru Memberi Latihan Soal

Membuat butir soal latihan dengan jumlah yang banyak dan berkualitas bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Menurut Sapari (2008), masih banyak guru yang melakukan kesalahan dalam penulisan soal. Soal seharusnya dibuat sesuai kriteria dalam pedoman penulisan butir soal. Namun, dalam beberapa penilitian guru masih mengalami kendala terkait pemahaman pada pedoman penulisan butir soal dan keterbatasan waktu dalam membuat butir soal. Sekarang, guru tak perlu khawatir karena kendala ini dapat diatasi dengan penggunaan bank soal seperti yang disediakan oleh Rumah Juara secara gratis. Bank soal Rumah Juara tak sekedar memudahkan penulisan butir soal, tetapi juga memudahkan guru dalam menjelaskan pembahasan soal. Terbukti sudah ribuan guru bergabung dengan Rumah Juara.

Rumah Juara menyediakan fitur bank soal berisi ribuan soal yang dapat diakses guru SD dengan mudah. Soal yang ada telah dibuat sesuai dengan kriteria penulisan butir soal dan sesuai dengan batasan materi pada Kutikulum 2013. Untuk menggunakannya guru dapat segera bergabung dengan Rumah Juara. Setelah bergabung, guru dapat memilih kelas dan jenis paket soal yang diperlukan. Paket soal yang dpat dipilih anta lain paket soal penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaianakhir semester, atau penilaian kenaikan kelas. Selain itu, guru dapat menentukan sendiri jumlah soal yang akan digunakan lengkap dengan detail jumlah soal pada tiap mata pelajaran. Selanjutnya, guru tinggal mencetak paket soal yang telah disimpan beserta kunci jawaban dan pembahasannya. Sangat mudah bukan?