20 November 2017 11:56:59

5 Tips Jitu untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Anak

https://pixabay.com/id/anak-anak-anak-laki-laki-gadis-441895/

Rasa ingin tahu merupakan salah satu modal penting dari kesuksesan anak di masa depan. Sebagai contoh, seorang ilmuwan terkenal seperti Albert Einstein bisa berhasil dalam mengembangkan penemuan karena kegeniusannya didukung dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Pentingnya rasa ingin tahu disadari menjadi salah satu karakter yang harus dimiliki generasi penerus bangsa. Oleh karenanya, Kemendikbud merasa perlu untuk memasukkan nilai karakter rasa ingin tahu menjadi salah satu poin dalam 18 nilai pendidikan karakter.

Rasa ingin tahu yang tinggi pada anak bisa berpengaruh pada besarnya motivasi belajar sehingga dapat meningkatan prestasi akademisnya. Sayangnya, tidak semua anak usia dikaruniai dengan rasa ingin tahu yang besar. Oleh sebab itu, peran orang tua dalam mengembangkan rasa ingin tahu anak sangatlah penting. Ada beberapa stimulus yang dapat orang tua kembangkan untuk merangsang tumbuhnya rasa ingin tahu pada anak. Berikut ini 5 tips jitu yang bisa diterapkan orang tua untuk mengembangkan rasa ingin tahu anak.

1. Hargai Setiap Pertanyaan Anak

Anak menyalurkan keingintahuannya dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Namun, terkadang orang tua menolak menjawab, bahkan memintanya berhenti bertanya. Tanpa disadari sikap tersebut dapat membunuh rasa ingin tahu anak. Orang tua sebaiknya menghargai setiap pertanyaan anak. Mengapresiasi pertanyaan anak dapat merangsang anak untuk terus mengembangkan pertanyaan dan menumbuhkan rasa ingin tahu. Jika orang tua kesulitan menjawab, beri penjelasan pada anak bahwa orang tua memerlukan waktu untuk mencari jawaban atas pertanyaannya.

2. Biasakan Anak Belajar Secara Detail

Orang tua bisa membiasakan anak untuk mencari lebih detail informasi dari materi yang dipelajari. Mengetahui materi secara detail terkadang diperlukan daripada hanya mencari tahu materi atau menjawab soal secara umum. Jika anak terbiasa mempelajari sesuatu yang detail, ia akan merasa perlu banyak belajar sehingga memunculkan pertanyanyaan-pertanyaan baru untuk menjawab keingintahuan mereka. Sebaliknya, jika anak hanya belajar sesuai dengan pertanyaan pada soal-soal, anak akan merasa cepat puas sehingga tidak tertarik untuk memunculkan keingintahuannya lagi.

3. Berikan Tantangan atau Teka-Teki pada Anak

Tantangan atau teka-teki bisa menjadi motivasi bagi anak dalam melakukan sesuatu. Orang tua bisa memberikan tantangan atau teka-teki sesuai dengan materi yang dipelajari anak. Cara ini juga bisa melatih anak untuk membangun pengetahuannya sendiri secara mendalam. Dengan demikian, keingintahuan anak dapat tumbuh dan berkembang guna menyelesaikan tantangan atau memecahkan teka-teki tersebut. Agar tidak bosan, berikan tantangan dan teka teki yang bervariasi. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada setiap pencapaian anak.

4. Ajak Anak Bereksplorasi

Memberikan jawaban atas pertanyaan anak dengan cara bereksplorasi adalah alternatif yang baik untuk merangsang rasa ingin tahu. Dengan begitu, anak dapat terlibat aktif dalam mencari jawaban atas rasa keingintahuannya. Orang tua bisa mengajak anak bereksplorasi bersama dengan berbagai cara. Misalnya dengan mencari jawaban melalui media internet atau membuka buku. Orang tua juga dapat mengajak anak mencari jawaban secara langsung dengan mengunjungi tempat yang berkaitan atau hadir dalam komunitas tertentu.

5. Dukung Anak untuk Bereksperimen

Anak butuh bereksperimen untuk menjawab rasa ingin tahunya terhadap sesuatu. Orang tua dapat mendukung anak dalam bereksperimen dengan melakukan pendampingan. Selain memastikan keamanan anak selama melakukan eksperiman, orang tua juga dapat memberikan penjelasan pada tiap tahap yang dilakukan  supaya anak memahami langkah yang dilakukan. Selama melakukan eksperimen, orang tua juga dapat memancing anak dengan pertanyaan untuk memacu rasa ingin tahu mereka. Melakukan eksperimen dapat dipilih menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan dan dapat membangun pengetahuan serta keterampilan anak.