08 November 2017 15:19:32

SE Kemendikbud tentang Dukungan Pelaksanaan Asian Games XVIII di Lembaga Pendidikan

Asian Games XVIII Tahun 2018

Asian Games merupakan ajang olahraga besar yang diadakan oleh Dewan Olimpiade Asia atau dikenal dengan OCA (Olympic Council of Asia). Tujuan dari diadakannya Asian Games adalah untuk memperkuat persahabatan antara negara-negara di wilayah Asia. Tak hanya itu, Asian Games juga bertujuan untuk menunjukkan semangat persatuan dalam mengembangkan prestasi dalam bidang olahraga di wilayah Asia.

Asian Games diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak tahun 1951. Tahun depan adalah kali ke-18 Asian Games akan digelar. Perhelatan olahraga yang besar ini akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus sampai tanggal 2 September 2018 dan diikuti oleh 45 negara di kawasan Asia. Asian Games XVIII tahun 2018 rencananya akan digelar di Indonesia tepatnya di Jakarta dan Palembang. Setidaknya terdapat sekitar 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam ajang bergengsi Asian Games XVII.

Antusiasme Kemendikbud dalam Mendukung Asian Games XVIII Tahun 2018

Pemerintah sangat berharap pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018 mendapatkan dukungan penuh agar terselenggara dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2016 tanggal 12 Februari 2016 tentang Dukungan Penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018. Menindaklanjuti hal tersebut, Kemendikbud mengeluarkan SE Kemendikbud Dirjen Dikdasmen Nomor 5 Tahun 2017 tentang Dukungan Pelakasanaan Asian Games XVIII Tahun 2018 di Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah.

Antusiasme Kemendikbud dalam mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII bukanlah tanpa alasan. Langkah ini bertujuan agar para atlet pelajar dan pelajar yang mendukung keberlangsungan Asian Games XVIII di Jakarta dan Palembang mendapatkan fasilitas dan dukungan terbaik, terutama dari Dinas Pendidikan serta elemen pendidikan terkait. Harapannya selain Asian Games XVIII dapat terselengara dengan baik, prestasi yang diraih para atlet Indonesia pun bisa mencapai target maksimal dan membawa pulang gelar juara seperti yang dicita-citakan.

Peran lembaga Pendidikan dalam Mendukung Asian Games XVIII Tahun 2018

Melalui SE Kemendikbud Dirjen Dikdasmen Nomor 5 Tahun 2017, Kemendikbud meminta bantuan dan kerja sama pada Dinas Pendidikan untuk memberikan fasilitas terhadap atlet pelajar dan pelajar yang turut serta sebagai pendukung dalam Asian Games XVIII tahun 2018. Upaya memfasilitasi atlet pelajar ini diharapkan juga dilaksanakan oleh sekolah terkait sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018.

Berdasarkan rilis pada laman resmi Kemenpora, hasil kesimpulan rapat koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dengan beberapa menteri terkait salah satunya menjelaskan bahwa untuk partisipasi atlet pelajar dan pelajar akan dipersiapkan Kemendikbud. Pada bulan berlangsungnya Asian Games 2018 Kemendikbud akan mengadakan pengecualian dalam proses belajar mengajar untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan  Sumatera Selatan. Dengan demikian, atlet pelajar dan pelajar dapat berpartisipasi dalam Asian Games XVIII.

Dinas Pendidikan dan sekolah juga diharapkan memberikan dukungan dengan cara mengadakan sosialisasi tentang kegiatan Asian Games XVIII tahun 2018, baik di satuan pendidikan dasar maupun menengah. Upaya sosialisasi tersebut dapat dilakukan dengan beragam cara. Sekolah dan Dinas Pendidikan dapat memanfaatkan semua sumber daya yang ada secara kreatif, inovatif, dan dapat juga dengan memberdayakan masyarakat.

Download SE Kemendikbud Dirjen Dikdasmen Nomor 5 Tahun 2017