08 November 2017 08:38:33

Rumah Juara Siap Mewujudkan Generasi Emas 2045

Generasi Emas 2045 memiliki harta karun berupa bonus demografi.

Istilah Generasi Emas 2045 makin sering digaungkan di berbagai media. Ternyata banyak yang belum sepenuhnya memahami definisi Generasi Emas 2045 dan mengapa wacana ini menjadi sangat penting untuk diangkat. Wacana ini sebenarnya sangat berkaitan dengan peringatan kemerdekaan bangsa kita, yang pada tahun 2045 nanti akan genap berusia 100 tahun. Perayaan satu abad ini seringkali kita sebut dengan peringatan emas. Oleh karenanya, generasi produktif pada tahun tersebut dianggap sebagai generasi yang hidup pada era emas kemerdekaan Indonesia. Oleh beberapa pihak, generasi ini juga disebut sebagai harta karun yang dimiliki oleh bangsa kita.

Faktanya, Generasi Emas 2045 memang menyimpan harta karun yang sangat bernilai berupa bonus demografi. Hal ini didukung oleh data BKKBN, dimana pada 2045 diyakini lebih dari setengah jumlah penduduk Indonesia akan berada pada usia produktif (15-64 tahun), sedangkan sebagian kecil merupakan penduduk yang tidak produktif (usia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun). Berbagai teori menyatakan bahwa dengan tingginya penduduk berusia produktif, periode tersebut akan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk memajukan bangsa. Masa kejayaan Generasi Emas ini diperkirakan akan terjadi pada periode tahun 2020-2045. Kabar menggembirakan ini menjadi harapan besar bagi bangsa kita.

Harapan Besar untuk Generasi Emas Indonesia

Separti layaknya Jepang yang pernah mengalami hal serupa pasca perang dunia kedua, struktur penduduk yang didominasi usia produktif merupakan modal besar bagi kemajuan bangsa. Jepang dengan jeli memanfaatkannya untuk mengembangkan semua aspek yang mungkin diperbaiki dan dikembangkan. Hal ini negeri Sakura lakukan tanpa melupakan semangat nasionalismenya. Hasilnya dapat dilihat, berbagai inovasi yang dibuat oleh Jepang berhasil mencatatkan nama besarnya di dunia. Hal inilah yang diharapkan akan terjadi pada bangsa kita di tahun 2045.

Maka oleh pemerintah, Generasi Emas 2045 merupakan sebuah visi mulia. Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk mewujudkan gagasan ini. Pemerintah, melalui Perpres RI Nomor 32 Tahun 2011 telah mempersiapkan dokumen Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Dokumen ini juga menetapkan target yang harus dicapai Indonesia untuk menjadi negara maju, mandiri, makmur, adil, meraih peningkatan pendapatan per kapita, serta diharapkan masuk dalam 7 besar kekuatan ekonomi dunia.

Mewujudkan Generasi Emas 2045 Bersama Rumah Juara

Tongkat estafet akan segera beralih, semua lini harus bersiap menyambut tantangan Generasi Emas 2045. Pada kenyataannya, wacana mewujudkan Generasi Emas bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun juga seluruh elemen masyarakat. Institusi pendidikan adalah salah satu subyek yang dianggap memegang peranan penting menyiapkan Generasi Emas 2045 agar dapat terwujud. Sektor pendidikan mengemban tugas mulia dalam membangun kecerdasan yang komprehensif, yakni produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, sehat, menyehatkan dalam interaksi alamnya, dan membentuk berperadaban unggul. Hal ini tentunya memerlukan persiapan yang tidak singkat serta bekal yang tidak sedikit.

Rumah Juara sebagai salah satu platform pembelajaran yang turut berperan dalam mengembangkan pendidikan melalui media digital siap mengambil peran untuk mencerdaskan serta menumbuhkan nilai-nilai budi pekerti para penerus bangsa. Hal ini dirasa sangat penting, mengingat perkembangan konten positif dirasa masih belum cukup untuk mengimbangi pengaruh negatif globalisasi serta kemajuan teknologi. Pada posisi ini, Rumah Juara siap mengisi kekosongan tersebut dengan berbagai fitur yang diperlukan guru, orang tua dan siswa dalam memajukan pendidikan bangsa. Dengan Rumah Juara, Mewujudkan Generasi Emas 2045 bukanlah hal yang mustahil untuk kita raih. Bersama Rumah Juara, mari kita tumbuhkan bibit-bibit unggul Generasi Emas 2045 untuk Indonesia juara! 

Baca Juga : Penguatan Pendidikan Karakter untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia