04 November 2017 08:40:02

5 Cara Mendukung Anak Meraih Cita-Cita

Sumber: https://pixabay.com/id/gadis-ayah-potret-mata-outdoor-1641215/

Salah satu tanggung jawab orang tua adalah mendukung anak untuk meraih cita-cita. Untuk melakukannya, orang tua dapat mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan anak. Orang tua juga harus memberi ruang berekspresi sehingga bakat anak yang mengarah pada cita-cita tertentu dapat diketahui. Bagi anak, memiliki cita-cita sejak dini tentu dapat memberi dampak positif bagi perkembangan kecerdasan. Anak dapat mengetahui apa yang seharusnya dilakukan agar cita-citanya tercapai sehingga akan lebih semangat untuk belajar. Sebagai orang tua, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendukung anak meraih cita-cita di antaranya seperti berikut.

1. Tanyakan Cita-Cita Anak

Saat menanyakan cita-cita pada anak, jawaban yang diterima biasanya beragam. Berbagai jenis profesi hingga kegiatan sehari-hari dapat menjadi alasan bagi anak untuk mengatakan bahwa mereka tertarik melakukannya. Jika ada perbedaan antara cita-cita anak dan keinginan orang tua, sebaiknya hindari kecenderungan untuk melarang anak memiliki cita-cita sesuai keinginannya. Hal tersebut dikarenakan cita-cita anak baru sebatas keinginan spontan. Oleh karena itu, hal terpenting bagi orang tua adalah mengetahui kesesuaian antara bakat dan minat dengan cita-cita anak. Selanjutnya, orang tua dapat mengarahkan dan menjelaskan kepada anak cara meraih cita-cita tersebut.

2. Temani Anak Berjuang

Anak terkadang merasa ingin menyerah pada hal-hal yang sedang dipelajari. Jika demikian, orang tua dapat mengubah perspektif dengan memotivasi dan mengarahkannya untuk berpikir positif. Anak dibimbim untuk mengidentifikasi kesulitan, mengevaluasi diri, mencari solusi, dan menyusun rencana perbaikan. Lebih dari itu, hal yang terbaik untuk dilakukan adalah tetap realistis dengan menghindari ucapan yang mengandung harapan palsu dan lebih mengutamakan mengajarkan tanggung jawab. Dengan kata lain, rasa optimis sesungguhnya membutuhkan pemikiran realistis, bukan sekadar pemikiran positif.

3. Memberi Contoh

Orang tua merupakan orang yang paling sering ditemui anak sehingga sikap dan sifat anak kebanyakan merupakan cerminan dari orang tua. Oleh karena itu, orang tua harus menjadi sosok yang yang patut dicontoh oleh anak. Orang tua dapat menunjukkan sikap optimis agar anak bisa meniru dan memiliki rasa percaya diri. Orang tua dapat menunjukkan sikap ulet dan tekun agar anak bisa meniru dan memiliki rasa pantang menyerah. Orang tua juga dapat membentuk lingkungan keluarga yang mendukung anak berkreasi agar anak makin optimis dan  bersungguh-sungguh meraih cita-cita yang diimpikannya.

4. Tunggu Sebelum Beraksi

Orang tua tidak serta-merta harus selalu mengawasi dan membantu anak, tetapi justru memberikan kesempatan pada anak untuk belajar memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Yang perlu orang tua lakukan adalah percaya bahwa anak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Dengan kata lain, orang tua seharusnya mendorong anak untuk aktif dan berusaha meraih keinginan atau cita-cita. Orang tua harus mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan bantuan atau menawarkan solusi pada anak. Dengan demikian, anak menjadi lebih mandiri, optimis, dan kreatif.

5. Tingkatkan Motivasi Belajar

Salah satu wujud dukungan orang tua terhadap anak dalam meraih cita-cita, yaitu dengan meningkatkan motivasi belajar anak. Orang tua perlu memberi tahu bahwa belajar merupakan kunci sukses  meraih cita-cita. Hal tersebut sejalan dengan komitmen Rumah Juara sebagai portal pendidikan yang menyajikan beragam fitur mulai dari media interaktif, ebook, hingga bank soal untuk memfasilitasi anak agar lebih termotivasi untuk belajar. Melalui Rumah Juara, anak dapat belajar secara mandiri, aktif, dan menyenangkan. Gunakan kode voucher RJ19042017 dan klik di sini untuk bergabung bersama Rumah Juara secara gratis.