31 Oktober 2017 10:32:13

Membuat Berkas Administrasi Kurikulum 2013 Menjadi Semakin Mudah

Silabus, RPP, dan Lembar Penilaian Kurikulum 2013

Menjadi seorang guru berarti siap memiliki beban pekerjaan yang tidak sedikit. Guru harus memperhatikan proses persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Dalam proses persiapan mengajar, guru memerlukan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan lembar penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas. Tak terkecuali guru SD dan MI tentu juga perlu menyiapkan berkas administrasi tersebut sebelum mengajar.

Kendala Guru dalam Membuat Berkas Administrasi Sesuai Kurikulum 2013

Berkas administrasi sebagai perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP, dan lembar penilaian harus dibuat sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Saat ini, banyak sekolah mulai menerapkan Kurikulum 2013 dan akan semakin bertambah jumlahnya sesuai rencana pemerintah yang hendak menerapkan Kurikulum 2013 secara menyeluruh. Dengan demikian, guru perlu menyiapkan berkas administrasi untuk mengajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 pula.

Harus diakui bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 memang belum sepenuhnya dipahami oleh para guru. Pada praktiknya, guru masih mendapati banyak kendala terutama dalam membuat berbagai berkas administrasi. Pembuatan berkas yang membutuhkan waktu lama serta keterbatasan waktu menjadi kendala utama yang dirasakan para guru di sekolah. Hal ini juga ditambah dengan minimnya informasi tentang format berkas administrasi yang harus dilengkapi oleh para guru di sekolah.

Rumah Juara Memudahkan Guru SD/MI Membuat Berkas Administrasi sesuai Kurikulum 2013

Adakah solusi untuk memudahkan guru SD/MI dalam membuat Silabus, RPP, dan lembar penilaian sesuai Kurikulum 2013? Kini, para guru bisa berbahagia karena Rumah Juara telah hadir sebagai solusi yang dapat membantu guru dalam menyiapkan berkas-berkas tersebut. Berkas-berkas administrasi yang disediakan rumah juara dapat didownload secara gratis dan dapat diedit sesuai keperluan guru. Beberapa berkas yang disiapkan Rumah Juara untuk guru SD/MI sebagai berikut.

1. Silabus

Rumah juara menyediakan Silabus yang disusun per subtema sesuai Kurikulum 2013. Untuk kelas IV dan selanjutnya, mata pelajaran Matematika dan PJOK juga sudah dipisahkan dari tematik. Silabus ini dibuat merujuk pada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 terbaru tanpa terlepas dari kegiatan Buku Guru serta Buku Siswa terbitan pemerintah. Isi Silabus juga telah disesuaikan dengan komponen Silabus yang ditentukan dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.

2. RPP

RPP yang disediakan oleh Rumah Juara juga dibuat per subtema sesuai Kurikulum 2013 terbaru. Seperti halnya silabus, RPP untuk mata pelajaran Matematika serta PJOK kelas IV dan seterusnya sudah dipisahkan dari tematik. RPP tersebut diturunkan dari Silabus dan merujuk Buku Guru serta Buku Siswa milik pemerintah. Agar semakin memudahkan guru mengajar, dalam RPP yang disediakan Rumah Juara disisipi media pembelajaran tambahan. Komponen isi RPP juga telah sesuai dengan ketentuan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.

3. Lembar Penilaian

Rumah Juara tentu juga akan menyediakan lembar penilaian sesuai Kurikulum 2013. Lembar penilaian akan mencakup prinsip penilaian otentik yang menuntut penilaian secara menyeluruh dan detail. Penilaian akan dilakukan pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Acuan dari lembar penilaian tetap didasarkan pada kriteria yang terdapat pada Buku Guru keluaran pemerintah. Lembar penilaian ini masih dalam proses pengembangan, tetapi akan segera diselesaikan dalam waktu dekat.

KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG BERSAMA RUMAH JUARA