26 Oktober 2017 09:23:54

Agar Anak Mau Mengulang Pelajaran di Rumah

https://pixabay.com/id/anak-laki-laki-membaca-belajar-buku-286240/

Pelajaran yang diperoleh anak di sekolah sebenarnya perlu diulang secara rutin di rumah. Mengulang pelajaran secara rutin membantu anak semakin memahami materi sehingga siap melakukan tes sewaktu-waktu. Namun, nyatanya tak jarang anak tidak mau mengulang pelajaran lagi di rumah dengan berbagai alasan.

Penyebab Anak Tidak Mau Mengulang Pelajaran di Rumah

Ada berbagai penyebab yang biasa menjadi alasan anak tidak mau mengulang pelajaran di rumah. Salah satu penyebabnya yakni suasana dan fasilitas di rumah kurang mendukung anak untuk mengulang pelajaran. Alih-alih mengulang pelajaran, anak justru lebih tertarik untuk bermain atau menonton televisi tanpa memperhatikan waktu.

Tidak menyukai mata pelajaran tertentu maupun teknik pengajarannya juga dapat menjadi penyebab anak tidak mau mengulang pelajaran. Padahal seharusnya anak perlu mengulang agar dapat memahami materi. Bisa jadi anak juga tidak suka terhadap teknik mengajarnya sehingga tidak mau mengulang pelajaran.

Kegiatan anak di sekolah juga membuat anak beralasan sudah lelah setelah belajar seharian di sekolah. Hal ini terutama banyak dialami anak yang melakukan full day school walaupun tak jarang anak yang sekolah setengah hari juga menggunakan alasan ini. Karena sudah lelah, anak cenderung ingin beristirahat saja ketika di rumah dan tidak mau mengulang pelajaran lagi.

Penyebab lain yang juga sering dikemukakan anak adalah merasa kurang perhatian dari orang tua. Anak yang orang tuanya tak ada waktu untuk menemani belajar biasanya merasa kurang diperhatikan. Selain itu, kurangnya motivasi atau kepedulian serta apresiasi hasil belajar anak dari orang tua juga merupakan penyebab anak merasa kurang diperhatikan.

Tips Agar Anak Mau Mengulang Pelajaran di Rumah

Untuk mengatasi anak yang tidak mau mengulang pelajaran di rumah, kita dapat melihat dari penyebabnya dahulu. Setelah mengetahui penyebabnya, lalu bagaimana cara agar anak mau mengulang pelajaran di rumah? Yuk, kita simak beberapa tips agar anak mau mengulang pelajaran di rumah berikut ini!

1. Menciptakan Suasana Belajar yang Nyaman untuk Anak

Kita usahakan menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk anak di rumah. Misalnya, saat waktunya anak belajar televisi dimatikan. Orang tua dan anggota keluarga yang lain juga tidak menonton televisi atau bermain gadget di sekitar anak. Selain itu, menciptakan suasana yang tenang di rumah dapat membuat anak nyaman dan fokus mengulang pelajaran di rumah.

2. Membuat Aturan atau Jadwal Belajar di Rumah

Agar anak mengulang pelajaran di rumah secara rutin, orang tua bisa membuat aturan yang disepakati bersama anak. Aturan ini terkait jadwal kegiatan sehari-harinya termasuk jadwal belajar di rumah. Adanya aturan ini dapat membuat anak ingat kapan waktunya ia harus mengulang pelajaran di rumah dan kelamaan anak akan terbiasa.

3. Menyediakan Keperluan Belajar Anak

Adanya fasilias yang menunjang keperluan belajar anak akan sangat mendukung kegiatan mengulang pelajaran di rumah. Orang tua sebaiknya memperhatikan hal ini misalnya dengan menyediakan berbagai sumber atau media belajar yang sesuai dengan gaya belajar anak sehingga anak akan lebih mudah memahami materi.

4. Memberikan Perhatian dalam Proses Belajar Anak

Anak akan lebih semangat jika orang tua memberikan perhatian kepadanya. Termasuk dalam proses belajar, anak biasanya merasa ada yang membimbing jika orang tua menemaninya belajar. Orang tua juga dapat menanyakan tentang proses belajar di sekolah, kesulitannya, atau hasil belajarnya. Selanjutnya, orang tua mengapresiasi dan memotivasi anak.