23 Oktober 2017 10:16:36

Yuk Ajari Anak Mengatur Waktu!

https://pixabay.com/id/waktu-rencana-bisnis-mengatur-2203698/

Mengajari anak mengatur waktu merupakan hal yang penting, tetapi orang tua sering lupa dengan hal ini. Ketika anak sudah sekolah, kegiatan anak akan semakin banyak sehingga perlu belajar mengatur waktu. Semakin besar anak juga tidak dapat mengandalkan orang tua terus menerus. Ia perlu belajar mandiri untuk berlatih disiplin mulai dari merencanakan, memprediksi, dan menangani berbagai tanggung jawab dalam kegiatannya. Anak harus dapat menggunakaan waktunya untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Mengajari anak mengatur waktu merupakan salah satu tanggung jawab orang tua karena kemampuan ini tidak menjadi fokus utama pembelajaran di bangku sekolah. Lalu, bagaimana caranya untuk mengajari anak mengatur waktu? Ada beberapa cara yang dapat dicoba orang tua untuk mengajari anak mengatur waktu. Mari kita simak cara-cara yang dapat dicoba untuk mengajari anak mengatur waktu berikut ini.

1. Memilah Kegiatan yang Penting

Sebelum merencanakan kegiatan, hendaknya anak diajari untuk memilah kegiatan yang penting dan mendesak dengan kegiatan lain yang dapat ditunda. Anak juga perlu diajari membuat skala prioritas. Dalam skala prioritas, anak diarahkan untuk melakukan hal penting dan mendesak yang harus dilakukan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Dahulukan melakukan kegiatan yang penting dan mendesak selanjutnya anak dapat melakukan kegiatan lain sesuai kebutuhan.

2. Membuat Jadwal Kegiatan

Cara penting yang perlu diterapkan dalam mengajari anak mengatur waktu yaitu membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Jadwal ini mencakup kegitan anak mulai waktu bangun tidur hingga waktu tidur kembali. Agar lebih efektif, jadwal dibuat pada hari-hari sebelum kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan. Pembuatan jadwal disesuaikan dengan hari sekolah dan hari libur agar kegiatan anak menjadi lebih bervariasi. Jadwal juga dapat dibuat dengan bentuk yang sekreatif mungkin agar mudah dicermati, diingat, dan dapat memotivasi anak.

3. Melakukan Kegiatan Tepat Waktu

Anak perlu dilatih untuk melakukan kegiatan tepat waktu dan jangan sampai menunda kegiatan. Menunda kegiatan biasanya akan berakibat pada tertundanya kegiatan berikutnya pula. Justru akan lebih baik lagi jika anak dibiasakan melakukan kegiatan beberapa menit lebih awal atau mulai melakukan kegiatan saat waktu luang untuk mengantisipasi kendala-kendala yang mungkin terjadi sewaktu melakukan kegiatan. Orang tua dapat menggunakan alat bantu yang dapat membantu anak melakukan kegiatan tepat waktu, misalnya alarm jam.

4. Mengecek Kegiatan dan Jadwal Anak

Ketika anak mulai belajar mengatur waktu, orang tua sebaiknya tetap mendampingi. Orang tua perlu meluangkan waktu untuk mengecek jadwal kegiatan sehari-hari yang dilakukan anak. Perhatikan kegiatan yang terlewatkan serta pembagian waktunya. Jika ada yang kurang sesuai, ajak anak berbicara dengan baik. Tunjukkan perhatian dengan menanyakan terlebih dahulu mengapa hal tersebut terjadi dan kendala apa yang dihadapi. Selanjutnya, bantu anak mencari solusi dan berikan arahan kepada anak agar lebih baik dalam mengatur waktu.

5. Memberi Contoh untuk Anak

Hal yang tak kalah penting dilakukan orang tua untuk mengajari anak mengatur waktu yakni dengan memberi contoh langsung untuk anak. Orang tua perlu disiplin dalam melakukan kegiatan yang bermanfaat dan membagi waktu dengan baik agar dapat dicontoh anak. Berikan teladan kepada anak untuk menolak dan menghindari melakukan kegiatan yang kurang penting saat ada kegiatan lain yang lebih penting dan tidak dapat ditunda. Jangan lupa, sisipkan waktu khusus untuk keluarga dalam kesibukan orang tua.