16 Oktober 2017 08:55:35

Meningkatkan Kemampuan Siswa dengan Metode Pembelajaran Drill

https://pixabay.com/id/siswa-sekolah-dasar-desa-laos-1177710/

Bapak/Ibu guru bingung akan menggunakan metode pembelajaran apa besok di kelas? Tak perlu bingung, Bapak/Ibu guru dapat mencoba menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menarik dan tentunya bermanfaat bagi siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dicoba digunakan di kelas yaitu metode pembelajaran drill. Metode pembelajaran drill adalah metode pengajaran yang mengajak siswa melakukan latihan secara berulang-ulang guna menyempurnakan kemampuan atau pengetahuan yang diajarkan sebelumnya.

Tujuan Penggunaan Metode Pembelajaran Drill

Penggunaan metode pembelajaran drill ini biasanya memiliki beberapa tujuan. Pertama, siswa diharapkan memiliki keterampilan gerak atau keterampilan motoris, seperti menulis. Kedua, metode ini diharapkan dapat mengembangkan kecakapan intelektual siswa, misalnya menyelesaikan operasi hitung perkalian. Ketiga, siswa akan mempunyai kemampuan menghubungkan suatu keadaan dengan hal atau keadaan lainnya, seperti hubungan sebab akibat. Keempat, daya pikir siswa diharapkan bertambah baik karena belajar lebih teratur dan berulang.

Langkah-Langkah Penggunaan Metode Pembelajaran Drill

Setiap langkah dalam proses pembelajaran di kelas harus dilakukan dengan baik. Guru perlu memulai dari tahap persiapan, lalu melaksanakannya di kelas, dilanjutkan dengan penutup. Setiap langkah harus dilakukan dengan baik agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Untuk melaksanakan metode pembelajaran drill di kelas, berikut ini dijabarkan langkah-langkahnya.

1. Persiapan

Pada tahap persiapan, guru harus merumuskan tujuan yang akan dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan. Keterampilan yang akan dilatih atau dikasai siswa harus ditentukan secara spesifik dan berurutan. Urutan dalam rangkaian langkah kegiatan juga harus ditentukan sebelumnya agar tidak terjadi kesalahan saat pelaksanaan. Selanjutnya, guru perlu melakukan kegiatan pradrill sebelum melaksanakan kegiatan ini.

2. Pelaksanaan

Kegiatan pelaksaan dimulai dengan pembukaan. Guru menyampaikan tujuan-tujuan yang akan dicapai dan latihan-latihan yang akan dilaksanakan. Selanjutnya, guru mulai menyampaikan latihan dari yang sederhana. Jangan lupa ciptakan suasana yang menyenangkan saat latihan agar siswa tertarik. Siswa juga perlu diberi kesempatan untuk terus berlatih secara berulang-ulang. Guru juga perlu memberikan motivasi kepada siswa untuk berlatih secara berkesinambungan.

3. Penutup

Setelah kegiatan pelaksanaan dirasa cukup, guru menutup kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan metode driil. Sebagai penutup, guru dapat melakukan perbaikan pada kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam latihan. Guru juga dapat mengetahui kemampuan siswa yang berbeda-beda dan memberikan tindakan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.

Kelebihan Penggunaan Metode Drill

Penggunaan metode pembelajaran drill di kelas ternyata memiliki beberapa kelebihan. Dengan latihan berulang, siswa dapat menguasai materi dan keterampilan yang diharapkan dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, siswa akan membiasakan diri untuk belajar secara rutin. Adanya koreksi langsung dari guru juga membuat siswa melakukan perbaikan disaat yang sama sehingga siswa dapat mengukur kemampuan dan menyingkat waktu belajarnya.