13 Oktober 2017 09:42:30

Cara Membangun Komunikasi yang Baik dan Efektif dengan Anak

Sumber: https://pixabay.com/en/family-parenting-together-people-1784371/

Dalam sebuah keluarga, komunikasi memegang peranan penting untuk menentukan erat tidaknya sebuah hubungan keluarga, terutama antara orang tua dengan anak. Karakter anak akan terbentuk melalui didikan dari orang tua. Didikan tersebut juga berkaitan dengan cara komunikasi yang dibangun oleh orang tua bersama anak. Komunikasi bermanfaat untuk menjembatani perbedaan karakter antara orang tua dan anak, karena perbedaan usia bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan adanya perbedaan karakter. Dengan komunikasi yang baik, diharapkan kelak anak tumbuh menjadi pribadi yang bisa mengekspresikan dirinya dengan baik dalam hal apapun. Untuk membangun komunikasi yang baik dan efektif dengan anak, orang tua bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1.  Luangkan Waktu untuk Berbicara dengan Anak

Biasanya, anak-anak enggan bercerita berbagai hal kepada orang tua karena dipengaruhi oleh kondisi orang tua itu sendiri. Bisa jadi orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaannya di luar rumah. Pada beberapa kasus, ada juga orang tua yang sepulang kerja justru menampakkan ekspresi yang murung atau jarang berbicara dengan anak. Untuk menciptakan komunikasi yang baik, mulailah untuk meluangkan waktu agar bisa berbicara dengan anak. Orang tua bisa mengajukan beberapa pertanyaan ringan kepada anak, seperti kegiatan apa saja yang dilakukan oleh anak selama satu hari, atau bagaimana kegiatan selama di sekolah.

2.  Lebih Banyak Mendengarkan Anak

Hal yang seringkali diabaikan oleh orang tua ketika berkomunikasi dengan anak ialah terlalu seringnya orang tua mendominasi pembicaraan. Orang tua enggan mendengarkan apa yang diutarakan atau diceritakan oleh anak. Padahal, kenyataannya, orang tua tidak harus selalu mendominasi ketika berkomunikasi dengan anak. Cobalah untuk membuat anak tahu bahwa sebagai orang tua, Anda selalu tertarik dengan berbagai kegiatan yang diceritakan oleh anak.

3.  Memberikan Waktu kepada Anak untuk Merespon

Dalam beberapa kasus, kesabaran dan ketenangan bisa menjadi kunci komunikasi yang baik dan efektif dengan anak. Karena itulah, jika orang tua mendapati anak tidak bisa langsung menjawab pertanyaan dari orang tua, maka berikanlah waktu kepada anak untuk memikirkan jawaban yang akan diberikan oleh mereka. Selain itu, anak-anak biasanya membutuhkan waktu beberapa saat untuk memikirkan atau mencerna pertanyaan yang diajukan oleh orang tua.

4.  Lebih Banyak Melibatkan Diri dengan Anak

Tanggung jawab untuk menjadi orang tua memang bukanlah sesuatu yang mudah. Tanggung jawab tersebut mungkin harus diwujudkan dengan tindakan yang menyita banyak waktu dari orang tua. Meskipun begitu, orang tua harus menyadari bahwa sesungguhnya anak adalah investasi terbaik bagi masa depan. Karena itu, menunjukkan kepedulian pada dunia anak dan juga melibatkan diri dalam berbagai aktivitasnya akan menjadi salah satu langkah efektif untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak.

5.  Menghargai Usaha yang Dilakukan Anak

Membangun komunikasi dengan anak juga bisa dilakukan dengan selalu menghargai setiap proses yang diusahakan oleh anak dalam berbagai hal. Sebaliknya, usahakan untuk tidak menilai anak dari hasil akhir yang dicapai oleh anak. Bukan hanya itu, jika anak mengalami kegagalan jangan pernah merendahkan mereka atas hasil yang mereka dapatkan. Terus berikan dukungan kepada anak dan pastikan anak mengerti bahwa orang tua selalu menerima mereka sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.