03 Oktober 2017 10:49:19

Mari Kita Kenalkan Batik Kepada Anak

Sumber: https://pixabay.com/id/wanita-batik-tradisional-budaya-2330844/

Siapa sih yang tak punya pakaian batik? Kita tentu punya pakaian batik yang merupakan hasil budaya warisan bangsa ini. Batik kini telah berkembang pesat. Ada beragam jenis batik dilihat dari cara pembuatannya, motifnya, dan daerah produksinya. Batik sekarang tidak hanya digunakan untuk menghadiri acara formal saja, tetapi juga digunakan sebagai pakain seragam maupun pakaian sehari-hari.

Kita pantas bangga terhadap batik yang kita miliki. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang telah diakui secara internasional. Pada tahun 2009, UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) telah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia berupa nonbenda. Setiap tanggal 2 Oktober juga diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Oleh karena itu, kita perlu melestarikan batik dengan mengenalkannya kepada anak sebagai generasi penerus bangsa.

Lalu, bagaimana cara mengenalkan batik kepada anak? Ada beragam cara yang dapat kita lakukan untuk menganalkan batik kepada anak. Kita simak cara-caranya berikut ini, yuk.

1.    Mengajak Anak Memakai Pakaian Batik

Mengenalkan batik kepada anak sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Kita dapat menyiapkan pakaian batik untuk anak dan mengajak anak memakainya. Pakaian batik juga dapat kita jadikan pilihan sebagai seragam keluarga. Dengan demikian, anak akan lebih sering melihat beragam motif batik sehingga ia akan lebih mengenal batik.  Sesekali dalam obrolan santai, kita dapat menjelaskan tentang batik kepada anak saat memakainya.

2.    Mengajak Anak ke Toko Batik

Ibu mana yang tak suka berbelanja? Tak ada salahnya kita coba mengajak anak berbelanja ke toko batik. Anak dapat melihat beragam kain atau pakaian batik yang terpajang di sana. Kegiatan ini diharapkan mampu memunculkan rasa suka anak terhadap beragam batik yang ia lihat.

3.    Mengajak Anak Mengunjungi Museum Batik

Mengajak anak berkunjung ke museum batik akan terasa menyenangkan. Selain mengajak anak berwisata, kita juga dapat mengajak anak belajar mengenal batik. Di museum batik, anak dapat melihat dan mempelajari beragam kain batik dan alat-alat yang digunakan untuk membuat batik.

4.    Mengaplikasikan Batik dalam Kegiatan Menggambar dan Mendekorasi

Untuk anak yang gemar menggambar, kita dapat mengenalkan motif batik dalam gambaran anak. Kita perlihatkan kepada anak contoh motif batik yang dapat digambar. Kemudian, kita bimbing anak untuk berkreasi menggambar serta mewarnai batik yang ia buat. Selain itu, dalam mendekorasi ruangan atau benda kita juga dapat mengarahkan anak untuk menggunakan motif batik. Anak akan merasa senang dan bangga akan  batik dalam hasil karyanya sendiri.

Upaya yang kita lakukan untuk mengenalkan batik kepada anak sangat bermanfaat. Manfaat mengenalkan batik kepada anak yaitu dapat menumbuhkan rasa kecintaan anak terhadap batik yang merupakan salah satu warisan budaya bangsa. Dimulai dari batik, kecintaan anak terhadap budaya bangsa akan berkembang dan menumbuhkan rasa bangga. Kecintaan dan kebanggan terhadap budaya bangsa ini menuntun anak untuk turut serta melestarikannya. Jadi, mari kita mulai mengenalkan batik kepada anak sejak dini.