29 September 2017 09:09:57

Apa Saja Manfaat Energi Matahari bagi Kehidupan?

Eko sedang melihat sinar matahari yang masuk ke rumah melalui jendela.

Halo sahabat juara! Kali ini kita akan belajar bersama tentang energi matahari. Matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi. Energi matahari sering disebut pula energi surya. Matahari mampu menghasilkan energi panas dan cahaya. Kedua energi tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Bahkan, bukan hanya manusia saja yang dapat memanfaatkan energi matahari, tetapi makhluk hidup lain seperti tumbuhan dan hewan pun ikut memanfaatkan energi matahari. Dapatkah kamu menyebutkan manfaat dari energi matahari tersebut? Ayo kita simak bersama penjelasan di bawah ini.

1. Energi Matahari Membantu Proses Fotosintesis Tumbuhan

Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan bagi tumbuhan. Salah satu hal yang dibutuhkan tumbuhan untuk dapat melakukan fotosintesis adalah cahaya matahari. Hasil dari fotosintesis ini merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan, yang kemudian dapat dimanfaatkan pula oleh hewan maupun manusia. Selain membantu fotosintesis, cahaya matahari juga menyehatkan tumbuhan lho. Batang tumbuhan menjadi lebih kuat dan warna daun akan terlihat hijau segar jika tumbuhan tersebut kita tempatkan di bawah cahaya matahari yang cukup. Coba, perhatikan gambar di bawah ini.

2. Energi Matahari Dapat Menyehatkan Tulang

Cahaya Matahari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan tulang. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan cahaya matahari akan membantu proses pembentukan vitamin D dalam tubuh yang diperlukan untuk pertumbuhan, kekuatan, dan kesehatan tulang. Selain itu, cahaya matahari pagi juga bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran pernapasan. Oleh karenanya, kita dianjurkan untuk berolahraga di pagi hari agar dapat memperoleh manfaat dari cahaya matahari secara optimal. Olahraga yang dapat kita lakukan di pagi hari diantaranya yaitu lari pagi, senam, bersepeda, dan lain sebagainya.

3. Energi Matahari Digunakan untuk Pembangkit Listrik

Energi matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik. Pembangkit listrik yang menggunakan energi matahari adalah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Di Indonesia, PLTS telah terpasang di beberapa wilayah atau pulau. Contoh penggunaan pembangkit listrik tenaga surya dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat pada lampu lalu lintas. Di daerah perkotaan biasanya, kita dapat melihat pembangkit listrik tenaga surya terpasang di atas lampu lalu lintas. Bentuk dari pembangkit listrik tenaga surya tersebut seperti yang tergambar di bawah ini.

4. Energi Matahari Digunakan dalam Proses Pembuatan Garam

Pernahkah kamu melihat proses pembuatan garam? Salah satu cara membuat garam adalah dengan menguapkan air laut. Petani garam akan membuat petakan-petakan yang berisi air laut, kemudian menguapkan air laut tersebut dengan bantuan cahaya matahari. Air laut yang ada di petakan lama-kelamaan akan menguap dan membentuk kristal garam.

5. Energi Matahari Membantu Mengeringkan Benda

Pemanfaatan energi matahari yang paling mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk mengeringkan benda. Misalnya, mengeringkan pakaian saat dijemur, mengeringkan ikan bagi para nelayan, mengeringkan kerupuk basah, dan masih banyak lagi. Tetapi ternyata, benda yang sama ketika dijemur di dua tempat yang berbeda belum tentu kering dalam waktu yang bersamaan lho. Mengapa demikian? Mari kita simak video berikut ini.

Untuk mencoba animasi interaktif seperti video di atas, klik di sini!