26 September 2017 10:03:37

Mengenalkan Anak pada Pertanian

Sumber: https://pixabay.com/en/field-rice-kids-mountains-nature-1538200/

Indonesia merupakan negara pertanian dengan sumber daya alam yang begitu melimpah. Sebagian besar masyarakat Indonesia juga memiliki mata pencaharian sebagai petani. Sayangnya saat ini generasi muda nampak enggan berkecimpung di dunia pertanian. Padahal, tanpa adanya campur tangan dari generasi muda maka sektor pertanian akan terabaikan hingga kelak bisa menyebabkan krisis pangan. Seperti yang kita tahu, kebutuhan pangan masyarakat Indonesia sangat bergantung pada sektor pertanian. Untuk itu, demi melestarikan sumber daya alam dan juga sumber pangan bagi seluruh masyarakat ada baiknya kita mengenalkan pertanian kepada anak sejak dini agar nantinya anak-anak sebagai generasi penerus bangsa bisa melestarikan dan memajukan sektor pertanian.

Pentingnya Mengenalkan Anak pada Pertanian

Salah satu metode paling efektif untuk mendorong kemajuan bangsa ialah melalui sektor pertanian. Bahkan bisa dikatakan sektor pertanian memegang peranan yang cukup vital sebagai penentu maju tidaknya suatu bangsa. Kesejahteraan suatu bangsa dapat diukur melalui kesejahteraan pangannya. Semakin maju sektor pertanian maka semakin maju pula kesejahteraan pangan. Sayangnya, akhir-akhir ini kesejahteraan pangan bangsa Indonesia tidak sesuai harapan. Hal tersebut dapat dilihat melalui aktivitas impor bahan pangan dari luar negeri. Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa Indonesia belum bisa mewujudkan swasembada pangan.

Dari berbagai permasalahan itulah penting kiranya untuk mengenalkan dan juga menanamkan rasa cinta anak terhadap sektor pertanian. Anak-anak sebaiknya diperkenalkan berbagai hal terkait sektor pertanian, setidaknya mereka tahu bagaimana caranya bertani. Atau setidaknya, anak-anak bisa memahami dan sadar bahwa adanya pangan yang mereka konsumsi sehari-hari diperoleh melalui proses pertanian. Diharapkan nantinya, melalui pengenalan tersebut akan muncul rasa cinta anak terhadap sektor pertanian sehingga ke depannya Indonesia tidak akan lagi mengalami krisis pangan dan menjadi bangsa yang lebih sejahtera. Dengan mengenalkan anak pada pertanian, anak akan tertarik dan diharapkan kelak anak bisa menciptakan berbagai inovasi yang dapat memajukan sektor pertanian.

Cara Mengenalkan Anak pada Pertanian

Untuk memajukan bangsa melalui sektor pertanian, orang tua bisa mengenalkan pertanian kepada anak dengan beberapa metode berikut.

1.  Mengenalkan Berbagai Bahan Pangan yang Ada di Dapur

Cara paling sederhana mengenalkan pertanian kepada anak adalah dengan mengenalkan berbagai macam bahan pangan hasil pertanian yang ada di dapur. Kenalkan jenis-jenis sayuran yang ada di dapur beserta asalnya masing-masing. Anak akan tertarik dengan hal tersebut ketika orang tua mengenalkan berbagai bahan makanan tersebut dengan cara yang menarik. Dengan cara tersebut, diharapkan anak akan memahami bahwa makanan yang mereka konsumsi sehari-hari berasal dari proses pertanian yang panjang.

2.  Mengajak Anak Melihat Langsung di Lapangan

Anak biasanya akan tertarik dengan sesuatu ketika ia melihat langsung proses yang ada di lapangan. Ajaklah anak untuk melihat petani ketika menanam padi atau ketika proses memanen. Jika di lingkungan rumah tidak ada lahan pertanian, maka orang tua bisa mengajak anak ke tempat agrowisata. Di sana akan akan melihat berbagai jenis tanaman pertanian dan juga berbagai bahan hasil pertanian. Dari sanalah akan muncul ketertarikan anak terhadap pertanian.

3.  Mengajak Anak Bertani

Cara paling efektif untuk mengenalkan sekaligus menanamkan kecintaan anak terhadap pertanian adalah dengan mengajak anak bertani. Orang tua bisa mengajak anak bertani dengan cara sederhana, misalnya dengan memanfaatkan lahan di di sekitar rumah untuk menanam berbagai macam sayuran. Anak juga bisa diajari cara merawat tanaman hingga tanaman tersebut siap untuk dipanen, sehingga anak akan memahami proses bahan pangan dari ditanam, dirawat, dipanen, hingga siap untuk diolah.