25 September 2017 13:18:32

6 Tips Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak

Sumber: https://pixabay.com/en/children-studying-togetherness-boys-286239/

Membaca merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh anak ketika mereka memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar (SD). Meski begitu, sebagian anak masih perlu belajar ekstra untuk menguasai kemampuan membaca dengan baik. Dalam perspektif ini, orang tua mempunyai peranan penting untuk membantu anak agar anak bisa menguasai keterampilan membaca dengan baik. Dengan bantuan orang tua, anak bisa berlatih membaca dengan lebih intens dan tentunya dengan tingkat keberhasilan yang lebih baik.

Manfaat Membaca bagi Anak

Bukan sekedar pemenuhan materi pembelajaran saja, keterampilan membaca juga akan memberikan banyak manfaat bagi anak, di antaranya adalah sebagai berikut.

1.  Melatih Konsentrasi Anak

Membaca merupakan keterampilan yang membutuhkan perhatian seorang anak sehingga ia bisa memahami isi dari bacaan. Hal tersebut akan meningkatkan konsentrasi anak. Kemampuan anak dalam berkonsentrasi tersebut kelak akan berguna ketika anak harus menyelesaikan permasalahan dalam kasus tertentu.

2.  Membuka Cakrawala

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, pengetahuan dan cakrawala anak terhadap berbagai macam hal akan terbuka. Anak yang terbiasa membaca sejak dini akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri karena ia memiliki bekal pengetahuan yang lebih banyak melalui membaca.

3.  Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas Anak

Dengan membaca, anak akan memperoleh banyak pengalaman dan juga pengetahuan baru. Dari sanalah wawasan anak akan terbuka sehingga daya imajinasi dan kreativitas anak akan berkembang. Hal tersebut didorong oleh rasa ingin tahu anak yang semakin tinggi ketika mereka membaca.

Tips Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak

Agar kemampuan membaca anak meningkat, orang tua bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

1.  Mengajak Anak ke Perpustakaan

Agar anak lebih termotivasi untuk belajar membaca, orang tua bisa mengajak anak ke perpustakaan. Perpustakaan menyediakan berbagai macam buku yang bisa dipilih sesuai keinginan anak. Situasi di perpustakaan juga akan mendorong anak untuk terus belajar membaca. Bahkan perpustakaan bisa menjadi pilihan alternatif untuk menanamkan kebiasaan membaca kepada anak sejak dini.

2.  Membacakan Buku untuk Anak

Metode lain untuk meningkatkan kemampuan membaca anak adalah dengan membacakan buku untuk anak. Buku yang dibacakan bisa berupa buku dongeng atau buku lainnya. Cara tersebut akan mendorong keinginan anak untuk membaca sendiri hingga selanjutnya kemampuan membaca anak juga akan meningkat.

3.  Menyanyikan Lagu-lagu

Menyanyikan sajak-sajak pada lagu akan membuat anak menghubungkan berbagai huruf dengan suara yang dibuatnya. Bernyanyi sambil tepuk tangan mengikuti irama lagu juga bisa mendorong pemahaman terhadap kata-kata yang diucapkan.

4.  Biarkan Anak Mencoba Menulis

Menulis juga bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Dengan menulis, anak akan belajar menghubungkan huruf-huruf menjadi rangkaian kata hingga kalimat. Kegiatan ini sekaligus akan menumbuhkan keterampilan menulis anak.

5.  Mengajak Anak untuk Membaca Bersama

Memotivasi anak untuk selalu membaca sekaligus meningkatkan kemampuan membaca anak bisa dilakukan dengan mengajak mereka membaca bersama. Biarkan anak memilih buku yang ingin mereka baca. Selanjutnya baca buku tersebut bersama dengan anak. Hal tersebut akan memberikan kesan kepada anak bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.

6.  Permainan Interaktif

Untuk meningkatkan kemampuan membaca anak, orang tua juga bisa menggunakan media permainan interaktif. Permainan interaktif yang bisa meningkatkan kemampuan membaca anak bisa ayah dan bunda dapatkan di Rumah Juara. Permainan interaktif tersebut akan mengasah kemampuan anak dalam menyusun huruf-huruf menjadi sebuah kata hingga nantinya kemampuan membaca anak akan meningkat. Untuk lebih jelasnya, silakan ayah dan bunda lihat video preview berikut. 

Ingin akses permainannya secara langsung? Silakan bergabung dengan Rumah Juara!