25 September 2017 08:39:01

Panduan Orang Tua untuk Ciptakan Internet Ramah Anak

https://pixabay.com/en/child-tablet-technology-computer-1183465/

Di era globalisasi seperti sekarang ini, internet menjadi lumbung berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia yang dapat dengan mudah digunakan di mana saja dan kapan saja. Tidak hanya orang dewasa, penggunaan internet juga telah akrab bagi anak-anak. Banyak hal positif yang bisa anak lakukan dengan internet. Misalnya, mencari informasi seputar materi pelajaran, memutar musik, dan lain sebagainya. Akan tetapi, tidak sedikit pula dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari penggunaan internet tersebut, seperti mudahnya anak mengakses situs pornografi dan bebasnya anak melihat tayangan kekerasan. Oleh karena itu, penggunaan internet oleh anak harus di bawah pengawasan orang tua. Orang tua harus mampu mengarahkan anaknya secara bijak dalam hal penggunaan internet. Langkah tepat yang sebaiknya dilakukan orang tua adalah dengan menciptakan internet ramah anak di rumah. Bagaimana caranya? Mari simak uraian di bawah ini.

1.  Tempatkan Gadget di Area yang Mudah Diawasi

Penempatan gadget, seperti laptop atau komputer dan ponsel, perlu diperhatikan oleh orang tua. Gadget sebaiknya diletakkan di tempat yang mudah di pantau orang tua, misalnya di ruang keluarga. Dengan demikian, orang tua dapat dengan mudah melihat ketika anak sedang menggunakan gadget tersebut. Gerak gerik anak ketika menggunakan gadget pun akan mudah di amati orang tua.

2.  Tingkatkan Wawasan dan Keterampilan dalam Dunia Digital

Dewasa ini, orang tua dituntut untuk up to date dengan perkembangan dunia digital. Dengan demikian, orang tua akan mudah mengawasi kegiatan anak di dunia maya. Misalnya, orang tua dapat mengecek history anak secara berkala, memantau email, nama akun sosial media, dan password yang digunakan anak. Orang tua yang terampil dalam dunia digital dapat memposisikan diri sebagai teman bagi anak dalam berbagi cerita seputar kegiatan anak di dunia maya.

3.  Gunakan Perangkat Lunak untuk Memfilter Konten Internet

Orang tua dapat membatasi bebasnya situs berbahaya yang mengancam anak dengan memasang perangkat lunak yang berfungsi memfilter konten yang ada di internet. Perangkat lunak yang terpasang dapat memblokir situs berdasarkan kategori yang ditentukan, memblokir situs yang mengandung konten tertentu, hingga mengatur jadwal akses internet. Ayah dan bunda tentu tidak bisa mengawasi penggunaan internet oleh anak selama 24 jam bukan? Maka, menggunakan perangkat lunak yang dapat memberi batasan bagi anak menjadi penting dilakukan.

4.  Sepakati Waktu Penggunaan Internet

Anak yang terus menerus diawasi dengan ketat tentu akan merasa terkekang dan tidak nyaman dalam menggunakan internet. Maka, agar orang tua tidak perlu melakukan pengawasan dengan ketat, perlu adanya komunikasi antara anak dan orang tua terkait waktu penggunaan internet. Misalnya, internet digunakan ketika membutuhkan sumber belajar tambahan untuk mengerjakan PR. Dengan kesepakatan tersebut, anak akan menggunakan internet saat memerlukan sumber belajar. Selain lebih efektif dalam hal pengawasan, melalui aturan yang disepakati bersama, anak akan belajar disiplin dan jujur.

5.  Ajak Anak Menggunakan Situs yang Aman

Salah satu cara untuk menggiring anak untuk menggunakan internet secara sehat adalah dengan mengenalkan dan mengajarkannya membuka situs-situs pendidikan yang bermanfaat. Salah satu situs ramah anak yang dapat dikenalkan orang tua adalah Rumah Juara. Melalui Rumah Juara, anak dapat belajar materi pelajaran dengan berbagai fitur yang menyenangkan, seperti melalui bermain games edukatif, melihat animasi interaktif, mendengarkan lagu, dan lain sebagainya.

Untuk menikmati fitur Rumah Juara, silakan klik di sini!