20 September 2017 12:05:11

Cara Jitu Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

https://pixabay.com/en/person-human-child-girl-blond-822803/

Setiap anak pasti memiliki bakat tersendiri yang dapat dikembangkan oleh orang tua. Dalam prosesnya, orang tua memerlukan cara yang tepat hingga akhirnya dapat mengenali bakat yang dimiliki anak. Bakat dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas teratur yang dihargai oleh orang dan dapat dinilai berdasarkan tingkat kemahirannya. Misalnya, seseorang dapat dikatakan berbakat menyanyi apabila kemampuannya menyanyi telah dihargai oleh orang lain melalui suatu kompetisi atau karya yang diperjualbelikan. Dari situ dapat diketahui bahwa tidak semua hal yang anak sukai dapat dikatakan sebagai bakat dari anak tersebut. Orang tua memerlukan kiat khusus untuk dapat melihat bakat anak sejak dini. Bagaimanakah cara yang tepat untuk dilakukan orang tua? Berikut ulasannya.

1. Perhatikan Kebiasaan Anak

Langkah mudah untuk mengenali bakat anak adalah dengan memperhatikan kebiasaan anak sehari-hari. Orang tua harus peka dalam mengamati sikap anak ketika  melakukan kegiatan. Amati bagaimana sikap anak sebelum melakukan suatu kegiatan, saat melakukan, hingga setelah melakukan kegiatan. Jika anak dirasa suka melakukan suatu kegiatan, bahkan ketika kegiatan itu telah ia ulang berkali-kali, bisa jadi kegiatan itu adalah bakat tersembunyi yang dimiliki anak.

2. Biarkan Anak Bereksplorasi

Ayah dan bunda, melihat bakat anak sejak dini dapat dilakukan dengan cara tidak membatasi anak dalam melakukan berbagai hal positif. Jangan mengekang anak untuk melakukan sesuatu sesuai perintah orang tua saja. Sebaliknya, biarkan anak bereksplorasi dengan berbagai hal, sehingga bakat terpendam dalam dirinya dapat terlihat. Orang tua hanya perlu melakukan pengawasan terhadap apa yang dilakukan anak dan mendukung setiap hal positif yang ditunjukkan anak.

3. Bangun Komunikasi dengan Anak

Komunikasi adalah jembatan keakraban antara orang tua dan anak. Dengan membangun komunikasi yang baik, orang tua akan lebih mudah mengerti apa yang menjadi kegemaran hingga cita-cita anak. Anak juga akan merasa nyaman untuk bercerita berbagai hal yang mereka sukai maupun tidak kepada orang tua. Melalui cerita tersebut, orang tua dapat lebih mudah dalam melihat bakat yang sebenarnya dimiliki anak.

4. Ikutkan Anak dalam Berbagai Perlombaan

Mengamati hasil ketika anak ikut dalam perlombaan adalah salah satu cara mudah dalam mengamati bakat anak. Hasil perlombaan yang baik dapat menjadi indikasi jika kemampuan anak lebih dominan pada hal yang dilombakan tersebut. Yang perlu diingat oleh orang tua adalah mengikutkan anak dalam suatu perlombaan tetap harus berdasarkan persetujuan dari anak tersebut. Jangan sampai anak merasa bahwa perlombaan yang ia ikuti adalah keinginan dari orang tuanya.

5. Konsultasi dengan Guru

Guru adalah orang tua kedua bagi anak. Sebagian waktu anak yang dihabiskan di sekolah, tentu luput dari perhatian dari orang tua. Oleh karena itu, berkomunikasi dengan guru menjadi hal penting yang sebaiknya dilakukan orang tua agar kegiatan apa yang menjadi daya tarik anak selama di sekolah tetap terekam oleh orang tua. Guru tentu juga memiliki catatan tersendiri untuk setiap siswanya, mengenai hal apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari siswanya.

6. Lakukan Tes Bakat dan Minat

Dewasa ini, telah tersedia berbagai lembaga yang menawarkan tes bakat dan minat untuk anak-anak. Biasanya, tes bakat dan minat ini dilakukan oleh para ahli yaitu psikolog dan praktisi pendidikan. Orang tua yang mengikutsertakan anak dalam tes bakat dan minat diharapkan dapat mengetahui bakat anak sejak dini, sehingga mempermudah dalam memberi arahan pada anak.