19 September 2017 10:01:54

Tips Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah

Sumber: https://pixabay.com/en/pupils-school-children-red-scarf-1404784/

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah sikap disiplin dari para siswa. Disiplin merupakan sebuah kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban. Kedisiplinan siswa memegang peran penting terhadap kemajuan suatu sekolah karena kondisi sekolah yang tertib akan menciptakan proses pembelajaran yang baik. Kelancaran proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari tata tertib yang telah ditetapkan di sekolah. Dengan menaati tata tertib di sekolah, diharapkan akan tercipta lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif di dalam kelas.

Pentingnya Disiplin Siswa di Sekolah

Sikap disiplin di lingkup sekolah bertujuan untuk menciptakan keamanan dan lingkungan belajar yang nyaman, terutama ketika belajar di dalam kelas. Dalam lingkup pendidikan dan juga pembelajaran, pentingnya sikap disiplin akan mengajarkan berbagai hal berikut ini.

  1. Rasa hormat terhadap suatu otoritas. Sikap disiplin akan mengajarkan siswa untuk memahami kedudukannya, baik di dalam maupun di luar kelas. Misalnya, kedudukan siswa yang harus menghormati guru dan juga kepala sekolah.
  2. Upaya untuk menanamkan kerja sama.  Dalam proses pembelajaran, sikap disiplin dapat dijadikan sarana untuk menanamkan sikap kerja sama antara siswa satu dengan lainnya, siswa dan guru, maupun siswa dengan lingkungannya.
  3. Mengajarkan kebutuhan untuk berorganisasi. Sikap disiplin juga bisa dijadikan sarana untuk menanamkan sikap kebutuhan berorganisasi pada diri siswa. Sikap disiplin akan mendorong siswa untuk mengembangkan diri melalui organisasi yang di dalamnya terdapat aturan yang harus ditaati.
  4. Menghormati hak dan kewajiban orang lain. Dengan bersikap disiplin, siswa akan menyadari hak dan juga kewajibannya. Hal tersebut secara tidak langsung juga akan menanamkan sikap pada diri siswa untuk menghormati hak dan kewajiban orang lain.

Upaya Guru untuk Menumbuhkan Sikap Disiplin pada Diri Siswa

Dalam proses pembelajaran, jika guru tidak mampu menumbuhkan dan menerapkan sikap disiplin maka bisa jadi siswa akan kurang termotivasi dan tentunya situasi pembelajaran menjadi tidak kondusif. Karena itulah, dalam proses pembelajaran, guru memegang peranan penting untuk menumbuhkan sikap disiplin pada diri siswa. Adapun upaya-upaya yang bisa dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut.

1.  Guru Hendaknya Menjadi Contoh

Guru adalah teladan bagi siswa ketika berada di sekolah. Jika seorang guru menginginkan siswanya memiliki sikap disiplin maka hal tersebut harus dimulai dari guru itu sendiri. Guru harus memberikan teladan disiplin bagi para siswanya, misalnya dengan datang tepat waktu. Guru sebaiknya menghindari sikap datang terlambat ke kelas karena hal tersebut akan menjadi gambaran bagi para siswa bahwa guru mereka juga tidak bersikap disiplin.

2.  Memberlakukan Tata Tertib yang Jelas dan Tegas

Sikap disiplin akan terwujud ketika ada peraturan yang jelas dan tegas. Ada baiknya guru juga menjelaskan aturan tersebut beserta konsekuensi yang harus diterima oleh siswa jika melanggar aturan tersebut. Ada baiknya aturan juga berlaku bagi guru sehingga siswa bisa melihat bahwa aturan dilaksanakan oleh semua pihak untuk mewujudkan ketertiban.

3.  Membantu Siswa Mengembangkan Pola Perilaku untuk Dirinya

Setiap siswa memiliki karakteristik dan berasal dari latar belakang yang berbeda. Guru sebaiknya memahami keadaan tersebut dan berusaha untuk melayani berbagai kebutuhan yang berbeda tersebut. Dalam sebuah kelas, ada siswa yang memiliki standar perilaku yang tinggi, ada juga siswa yang memiliki standar perilaku yang rendah. Hal itu harus bisa diantisipasi oleh guru, guru juga harus berusaha untuk memahami kondisi tersebut.