18 September 2017 10:07:28

Mengenalkan Palang Merah Indonesia kepada Anak

Sumber: https://pixabay.com/en/red-cross-first-aid-help-aid-303433/

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. Peringatan hari PMI setiap tanggal 17 September bisa dijadikan momentum yang tepat untuk mengenalkan PMI kepada anak. Dengan mengenalkan PMI kepada anak maka orang tua sekaligus mengajarkan anak arti penting sikap kerelawanan. Bukan hanya sikap kerelawanan, anak juga akan belajar bagaimana menjaga kesehatan diri dan juga bagaimana melakukan pertolongan pertama sejak dini.

Menumbuhkan Jiwa Sosial Kemanusiaan dari Prinsip Dasar PMI

Orang tua bisa memberikan pengetahuan mengenai PMI kepada anak, misalnya mengenai tugas-tugas dan juga prinsip dasar PMI. Dengan mengenal PMI, anak akan belajar berbagai hal yang terkait bidang kemanusiaan, terutama mengenai tugas kepalangmerahan. Anak akan belajar memberikan pertolongan kepada siapapun dengan sukarela berdasarkan rasa kemanusiaan dengan tidak membedakan ras, bangsa, golongan, agama, dan juga ideologi. Sikap-sikap kemanusiaan tersebut bisa diajarkan oleh orang tua kepada anak dengan mengenalkan mereka kepada prinsip-prinsip dasar PMI. Adapun prinsip dasar PMI adalah sebagai berikut.

  1. Kemanusiaan, yakni keinginan untuk memberikan pertolongan tanpa adanya diskriminasi secara nasional maupun internasional.
  2. Tidak berpihak, yakni tidak membeda-bedakan kebangsaan, warna kulit, agama, ataupun kedudukan sosial.
  3. Bersikap netral, artinya tidak berpihak pada suatu golongan dalam suatu permasalahan tertentu, atau melibatkan diri di dalam pertentangan yang bersifat rasial, kegamaan, ataupun ideologi.
  4. Bebas, artinya PMI memelihara otonominya sehingga bisa bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip palang merah.
  5. Kesukarelawanan, artinya Palang Merah adalah suatu organisasi yang memberikan bantuan secara sukarela yang tidak mendasarkan diri pada cara apapun untuk berkeinginan mendapatkan keuntungan.
  6. Kesatuan, yakni dalam satu negara hanya berdiri satu perhimpunan Palang Merah.
  7. Palang Merah merupakan organisasi yang bersifat semesta, di mana semua perhimpunan memiliki kedudukan yang sama dan memikul tanggung jawab serta kewajiban yang sama pula.

Dari ketujuh prinsip dasar PMI itulah anak akan belajar tentang pentingnya sikap kemanusiaan. Tentu saja orang tua bisa mengenalkan berbagai prinsip tersebut dengan cara yang sederhana, misalkan memperlihatkan kasus-kasus yang ada di lingkungan sekitar ataupun di televisi. Contohnya, ketika ada kecelakaan atau bencana alam, maka PMI akan melakukan perannya untuk menolong sesama.

Manfaat Mengenalkan PMI kepada Anak

Mengenalkan PMI kepada ternyata tidak hanya menumbuhkan jiwa sosial kemanusiaan pada diri anak. Anak juga akan belajar berbagai prinsip menjalani hidup sehat dan juga arti solidaritas dengan sesama. Berikut ini beberapa hal yang bisa dipelajari oleh anak setelah mereka mengenal PMI.

1. Menjaga Kesehatan

Melalui PMI, anak akan belajar bagaimana cara melakukan hidup sehat. Adapun prinsip untuk menjaga kesehatan tersebut dapat dipelajari oleh anak melalui aktivitas dokter kecil di sekolah dasar atau dengan mengikuti Palang Merah Remaja (PMR) kelak ketika mereka sudah memasuki usia remaja.

2. Siap Menghadapi Bencana

Sikap kerelawanan Pmi dalam menghadapi bencana juga bisa mengajarkan anak bagaimana tindakan yang paling efektif ketika harus menghadapi bencana. Bukan sekedar kesiapan terhadap diri sendiri, tetapi bagaimana mereka harus menerapkan sikap kemanusiaan untuk menolong sesama ketika orang lain mengalami musibah.

3. Mempererat Rasa Solidaritas

Mengenal PMI juga akan mengajarkan anak bagaimana mengikuti kegiatan sosial. Anak akan belajar bagaimana arti rasa solidaritas terhadap sesama. Rasa solidaritas tersebut akan semakin terpupuk ketika anak ikut serta secara langsung dalam kegiatan sosial, misalnya memberikan sumbangan kepada korban bencana dan lain sebagainya.