15 September 2017 08:42:03

Pembelajaran Inovatif dengan Media Berbasis Information and Communication Technology

https://pixabay.com/en/classroom-computer-technology-1189988/

Dewasa ini, perkembangan Information and Communication Technology (ICT) berjalan semakin pesat. Berbagai teknologi dan aplikasi dimunculkan untuk memudahkan dan mendukung kegiatan masyarakat sehari-hari. Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di tengah masyarakat tersebut tentu berpengaruh dalam bidang pendidikan. Seluruh komponen pendidikan harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, tak terkecuali guru. Sebagai pendidik generasi muda, guru dituntut untuk paham dan mampu menggunakan teknologi. Salah satu pemanfaatan teknologi tersebut adalah melalui penggunaan media pembelajaran berbasis ICT.

Apa itu Media Pembelajaran Berbasis ICT?

Media pembelajaran berbasis ICT merupakan alat bantu atau perantara penyampaian pesan dari guru ke siswa yang memanfaatkan teknologi informasi. Penggunaan ICT sebagai media pembelajaran dapat berbentuk file slide power point, gambar, animasi, video, audio, dan lain sebagainya. Media pembelajaran berbasis ICT merupakan salah satu wujud inovasi dalam dunia pendidikan yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa. Melalui media tersebut, pembelajaran diharapkan akan berjalan lebih menarik bagi siswa.

Apa Sajakah Manfaat Media Pembelajaran Berbasis ICT?

Manfaat penggunaan media pembelajaran berbasis ICT diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mempermudah guru dalam menyampaikan konsep-konsep abstrak melalui gambar maupun bentuk visual lain.
  2. Mempermudah siswa memahami materi pelajaran yang sulit.
  3. Mensimulasikan proses yang sulit dilakukan secara manual, misalnya mengamati porses peredaran darah pada materi IPA.
  4. Menampilkan materi pembelajaran dalam berbagai format (multimedia) sehingga menjadi lebih menarik.
  5. Materi pembelajaran dapat disesuaikan dengan sumber yang terbaru (up to date).
  6. Mengakomodir perbedaan kecepatan belajar siswa dan gaya belajar yang berbeda.
  7. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan tenaga, sehingga pembelajaran diharapkan dapat lebih efektif dan efisien.
  8. Mendukung perubahan peran guru yang awalnya menjadi sumber pengetahuan menjadi fasilitator bagi siswa.
  9. Meningkatkan keterampilan individu, baik guru maupun siswa, sebagai pengguna media.

Bagaimana Cara Menyajikan Materi Menjadi Media Berbasis ICT?

Penggunaan media pembelajaran tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan, baik kebutuhan materi pembelajaran maupun kebutuhan siswa. Dalam mengembangkan media berbasis ICT, guru dapat memperhatikan beberapa tahapan di bawah ini.

  1. Mengumpulkan sumber-sumber terkait materi yang akan diajarkan sesuai dengan kurikulum atau kompetensi yang akan dicapai. Dalam memilih sumber, guru sebaiknya mempertimbangkan isi, tingkat keterbacaan, dan integritas penulis.
  2. Membuat rancangan media sekaligus urutan materi yang akan disampaikan melalui media tersebut. Guru juga dapat memilih bentuk interaksi yang diharapkan melalui media yang akan dibuat, seperti drill and practice, tutorial, permainan, simulasi, penemuan, atau pemecahan masalah.
  3. Setelah materi terkumpul dan rancangan media selesai, guru dapat menyajikan materi dengan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami siswa. Tak lupa, guru dapat menambahkan gambar, grafik, diagram, foto, animasi, atau video agar media menjadi lebih menarik.

Rumah Juara sebagai Penyedia Media Berbasis ICT

Di era modern ini, guru tidak harus membuat sendiri media yang akan digunakan untuk mengajar. Banyak aplikasi maupun website yang menyediakan media pembelajaran berbasis ICT untuk guru. Namun, guru harus tetap memperhatikan kualitas dan kesesuaian media tersebut terhadap materi belajar siswa. Salah satu website yang memberikan media pembelajaran berbasis ICT yang berkualitas bagi guru adalah Rumah Juara. Telah lebih dari 1430 guru bergabung dengan Rumah Juara untuk mendapatkan berbagai fitur yang mendukung pembelajaran.

Klik untuk bergabung bersama Rumah Juara!