24 Maret 2017 14:07:09

Memotivasi Anak dengan Kecerdasan Intrapersonal

Memotivasi Anak dengan Kecerdasan Intrapersonal

Anak dengan tipe kecerdasan intrapersonal atau intrapersonal intelligence mungkin akan terlihat sebagai anak yang penyendiri dan pendiam Bagi mereka cara untuk mencapai prestasi adalah dengan cara sendiri yang mandiri tanpa bantuan orang lain. Sebenarnya anak dengan kecerdasan intrapersonal tidak tertutup atau pemalu, hanya saja kebutuhan mereka untuk menyendiri dan merenung lebih banyak dibanding anak-anak lainnya. Anak dengan tipe kecerdasan ini akan berprestasi jika sebuah tugas dikerjakan oleh sendiri dengan menentukan target serta jalan untuk mengerjakannya dengan cara mereka sendiri.

Kecerdasan intrapersonal atau self smart adalah tipe kecerdasan yang memiliki kelebihan dalam memahami diri sendiri. Ini adalah kecerdasan untuk mengetahui apa kekuatan dan kelemahan yang adal di dalam diri, lebih dari perhatiannya kepada sekitar. Ini juga merupakan kecerdasan untuk bias digunakan merenungkan tujuan hidup dan untuk mempercayai kemampuan diri sendiri (Armstrong, 2002). Anak dengan kecerdasan intrapersonal yang tinggi sangat memahami kebutuhan diri mereka sendiri, sehingga mereka bisa membuat rencana dan cara untuk mencapai target tersebut.

Dalam Armstrong, 2002 terdapat beberapa keterampilan khas yang dimiliki oleh anak dengan intrapersonal intelligence. Orang tua dapat mengenali ciri khas berikut dari sikap anak pada kesehariannya.

  1. Memperlihatkan sikap independen atau kemauan yang kuat.
  2. Bersikap realistis terhadap kekuatan dan kelemahannya.
  3. Bekerja atau belajar dengan baik seorang diri.
  4. Mempunyai rasa percaya diri.
  5. Mempunyai pandangan hidup yang lain dari pandangan umum.
  6. Cepat belajar dari kesalahan masa lalu.
  7. Dapat dengan tepat mengekspresikan perasaannya.
  8. Terarah pada pencapaian tujuan.

Dengan karakteristik kecerdasan seperti itu, sangat mudah bagi orang tua dan guru untuk mengenali kebutuhan anak. Pilihlah kegiatan yang memerlukan kemampuan pribadi, salah satu contohnya merakit berbagai mainan dan biarkan anak menentukan sendiri cara mengerjakannya. Orang tua tidak perlu khawatir membiarkan anak belajar sendiri tanpa pengawasan, karena keistimewaan anak dengan kecerdasan ini adalah memiiki arah dan pencapaian tujuan yang jelas dalam hidupnya. Ketekunan yang dimiliki oleh anak dengan kecerdasan ini akan membuat dia memikirkan alternatif lain untuk menyelesaikan sebuah tugas.

Sebenarnya, anak dengan kecerdasan intrapersonal ini sudah dangat baik dalam memotivasi diri mereka sendiri. Orang tua hanya perlu memberi mereka kesempatan mereka untuk mengeluarkan potensi kecerdasannya dengan memberikan ruang untuk belajar sendiri. Pahami bahwa akan sangat penting bagi anak dengan tipe kecerdasan intrapersonal harus mempunyai ruang pribadi sendiri di rumah di mana mereka bisa mengerjakan hobi dan minat tanpa gangguan dan bisa berintrospeksi dengan tenang. Hargai privasi mereka, biarkan mereka tahu bahwa mereka boleh menjadi independen dan beri fasilitas yang diperlukan untuk membantu mereka menekuni minat mereka (Armstrong, 2002).