12 September 2017 10:24:31

Manfaat Memberi Apresiasi pada Anak

https://pixabay.com/p-1463913/?no_redirect

Masa anak-anak merupakan saat di mana seseorang bisa merasakan banyak pengalaman yang belum pernah ia coba sebelumnya melalui berbagai kegiatan. Misalnya, bagi anak yang baru mulai mengenal pendidikan formal, kegiatan menulis di papan tulis dan bernyanyi di depan teman-temannya adalah hal yang asing. Maka, anak akan cenderung merasa bangga jika bisa melakukan hal tersebut. Akan tetapi, rasa bangga anak lama-kelamaan akan hilang jika orang tua tidak memberi perhatian pada kemampuan yang dimilikinya. Jika hal itu terjadi, besar kemungkinan anak menjadi kehilangan semangat untuk belajar. Itulah sebabnya, orang tua harus jeli melihat setiap peningkatan yang dilakukan anak. Jangan sungkan untuk memberi apresiasi atau pujian jika mereka berhasil melakukan sesuatu yang baik.

Apresiasi dapat diberikan pada anak dalam bentuk ucapan selamat, ucapan terima kasih, atau ungkapan kebanggaan. Jika memungkinkan, sesekali anda dapat memberi hadiah pada anak ketika ia berhasil mengerjakan sesuatu. Banyak manfaat yang bisa diperoleh anak jika ia menerima apresiasi dari orang tua. Contohnya, anak dapat membedakan mana perilaku yang baik dan tidak. Jika anak melakukan perilaku baik, maka ia menandai dengan adanya apresiasi dari orang tua sedangkan perilaku yang tidak baik tidak akan mendapat apresiasi, justru akan memperoleh teguran atau nasihat. Manfaat lain dari diberikannya apresiasi pada anak adalah sebagai berikut.

1.  Meningkatkan Motivasi Belajar

Ketika orang tua memberikan apresiasi, hal itu menjadi suntikan motivasi bagi anak untuk semakin giat belajar. Bagi anak yang sudah berprestasi, apresiasi orang tua menjadikan mereka berusaha lebih keras untuk mempertahankan prestasinya itu. Namun, jika anak belum mampu memperoleh prestasi, maka disarankan kepada orang tua untuk tidak langsung memberikan cap bahwa anak tersebut tidak mampu. Orang tua sebagai orang yang paling dekat dengan anak, sebaiknya memberi dorongan agar anak lebih giat belajar. Jangan lupa juga untuk memberi apresiasi jika anak mengalami peningkatan pengetahuan atau keterampilan sekecil apapun itu.

2.  Memberi Atmosfer Bahagia

Memberi apresiasi pada anak akan menunjukkan bahwa kita menghargai apa yang mereka lakukan. Ketika merasa dihargai, maka secara otomatis anak menjadi bahagia. Atmosfer bahagia itulah yang baik untuk anak dalam masa pertumbuhannya. Jika anak merasa bahagia, maka ia tidak akan mudah merasa tertekan atau terbebani ketika mengerjakan sesuatu. Sebaliknya, anak diharapkan selalu penuh semangat dalam belajar dan meraih prestasi.

3.  Meningkatkan Kreativitas

Bagi orang tua yang memiliki anak kreatif, jangan ragu-ragu memberi apresiasi bagi setiap karya yang dibuat anak. Dengan adanya apresiasi, anak akan berusaha meningkatkan kreativitasnya dalam membuat suatu karya. Karya anak tentu tidak akan sebagus buatan orang dewasa. Jadi, jika anak anda membuat suatu benda yang masih jauh dari kata bagus, tetap beri apresiasi untuk menghargai usahanya dalam membuat. Jangan mencela karya anak karena hal tersebut dapat mematikan daya ciptanya.

4.  Melatih Kemandirian

Memberi apresiasi pada anak juga dapat meningkatkan kemandiriannya. Misalnya, ketika anak merapikan tempat tidurnya sendiri di pagi hari dan hal itu mendapat pujian dari ayah maupun ibu, maka anak akan berusaha melakukannya setiap hari. Ia akan melakukan kegiatan itu dengan senang hati, tanpa harus disuruh apalagi dimarahi. Lama kelamaan, hal tersebut bisa menjadi kebiasaan yang positif bagi anak dan membuatnya tumbuh mandiri.