12 September 2017 09:59:16

Tips Mudah Mengajari Anak Berhitung

Sumber: https://pixabay.com/en/mathematics-schoolboy-calculation-2640219/

Memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), anak akan mulai mempelajari konsep berhitung. Akan tetapi, tidak semua anak dapat memahami konsep berhitung dengan cepat. Maka dari itu, diperlukan peran orang tua di rumah untuk mengajari anak berhitung. Menguasai konsep berhitung tidak hanya akan membantu anak dalam pembelajaran di sekolah, tetapi juga dapat mempersiapkan anak menghadapi berbagai permasalahan sehari-hari, seperti cara menggunakan uang jajan, melakukan pembelian di toko, berlatih menabung, dan lain sebagainya.

Terkait dengan pembelajaran di sekolah, berhitung adalah salah satu materi yang banyak dilakukan dengan berlatih soal. Dril soal diberikan tidak hanya di sekolah, tetapi juga seringkali dijadikan pekerjaan rumah (PR) dari guru. Biasanya, semakin tinggi jenjang sekolah, pembelajaran berhitung akan dirasa semakin sulit bagi anak. Oleh karena itu, sebelum anak memasuki fase belajar berhitung yang semakin sulit, diperlukan metode belajar berhitung menyenangkan yang dapat digunakan orang tua untuk mengajari anak berhitung sejak dini. Pemilihan metode belajar menjadi sangat penting untuk diperhatikan agar anak tidak mudah bosan saat belajar di rumah. Ayah dan bunda, mari kita simak uraian metode belajar berhitung yang dapat diterapkan di rumah berikut ini.

1.  Memasang Stiker Angka di Dinding

Langkah pertama untuk mengajari anak berhitung adalah dengan memastikan anak hafal dengan lambang bilangan atau angka 1-10. Langkah pembelajarannya, ajari anak menghafal angka 1, lalu ditambah pada setiap harinya. Jangan menambahkan jumlah hafalan angka jika anak belum mampu menghafal angka sebelumnya. Orang tua bisa memasang stiker angka di dinding kamar anak atau di tempat lain agar anak tidak asing dengan bentuk-bentuk angka. Orang tua juga bisa menambahkan gambar yang menarik di sekitar angka yang dipasang.

2.  Permainan Ular Tangga

Permainan ular tangga mungkin sudah dianggap kuno oleh kebanyakan orang. Namun jenis permainan ini ternyata cukup efektif untuk mengajarkan anak pembelajaran berhitung sambil bermain. Saat melemparkan dadu, anak akan belajar mengetahui jumlah titik yang ada pada dadu. Anak juga akan mengetahui jumlah pergerakan pada permainan sesuai dengan jumlah titik yang muncul pada dadu.

3.  Berhitung melalui Mainan

Mainan bisa dijadikan media untuk mengajarkan anak berhitung. Melalui mainan kesukaannya, orang tua bisa mengenalkan konsep berhitung dengan mudah. Misalnya, jika anak menyukai mainan kereta, maka orang tua bisa menempelkan angka-angka pada setiap gerbong, kemudian ajak anak merangkai gerbong kereta berdasarkan urutan angka yang sudah dibuat. Contoh lainnya, orang tua bisa mengajak anak memasukkan bola ke dalam toples atau keranjang sambil menghitungnya.

4.  Permainan Interaktif

Untuk mengajari anak berhitung, orang tua juga bisa menggunakan media permainan interaktif. Permainan interaktif yang berkaitan dengan penjumlahan dapat ayah dan bunda dapatkan di Rumah Juara. Dalam permainan interaktif mengenal penjumlahan yang disajikan Rumah Juara tersebut anak akan mengenal konsep berhitung penjumlahan dengan “kemasan” yang menarik. Untuk lebih jelasnya, silakan ayah dan bunda lihat video preview berikut.