12 September 2017 09:12:51

Bagaimana Telinga Bisa Mendengar Bunyi?

Telinga kita memiliki berbagai macam bagian dengan fungsinya masing-masing.

Hai, sahabat juara! Pernahkah kalian berpikir mengapa telinga kita bisa mendengar bunyi? Agar bisa mendengarkan berbagai macam bunyi, telinga kita memiliki berbagai macam bagian dengan fungsinya masing-masing. Nah, sebelum kita belajar tentang cara kerja telinga, ayo kita ketahui dulu bagian-bagian telinga.

Bagian-bagian Telinga

Telinga kita terbagi menjadi dari tiga bagian, yakni telinga bagian luar, bagian tengah, dan bagian dalam. Setiap bagian telinga memiliki peran tersendiri yang membuat kita bisa mendengar bunyi. Mari kita simak bersama bagian-bagian telinga secara lebih jelas berikut ini.

1. Telinga Luar

Seperti yang terlihat dari gambar di atas, telinga luar terdiri atas daun telinga, lubang telinga, dan saluran pendengaran.

2. Telinga Tengah

Telinga tengah juga terdiri atas tiga bagian, yaitu gendang telinga, tulang pendengaran, dan saluran eustachius. Dari gambar di atas, kita dapat mengetahui bahwa tulang pendengaran terdiri dari tiga macam, yaitu tulang martil, landasan, dan sanggurdi.

3. Telinga Dalam

Berdasarkan gambar di atas, kita dapat melihat bahwa telinga dalam terdiri atas empat bagian yaitu tingkap jorong, tingkap bundar, rumah siput, dan saluran setengah lingkaran. Nah, sekarang kita sudah mengetahui bagian-bagian telinga dengan jelas bukan? Selanjutnya, mari kita simak uraian di bawah ini.

Cara Kerja Telinga

Sahabat juara, sekarang kita akan belajar bagaimana gelombang bunyi bisa terdengar hingga akhirnya kita tahu bunyi apa yang kita dengar itu. Gelombang bunyi masuk ke telinga secara urut melewati telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Agar lebih paham tentang cara kerja telinga, mari kita lihat video animasi interaktif berikut ini.


Untuk melihat animasi secara lengkap, mari bergabung bersama Rumah Juara!