06 September 2017 09:04:31

Cara Mendidik Anak agar Tidak Manja

Sumber: https://pixabay.com/en/mother-daughter-laughing-family-937038/

Kebanyakan orang tua selalu berusaha memenuhi segala hal yang diinginkan oleh anak. Hal tersebut seringkali dilakukan orang tua untuk membahagiakan anak. Namun ternyata terbiasa memenuhi segala hal yang diinginkan oleh anak bisa berakibat negatif bagi perkembangan anak. Anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang manja dan terbiasa menggantungkan diri pada orang lain. Orang tua tentu tidak ingin anak tumbuh menjadi pribadi yang manja dan selalu menggantungkan diri pada orang lain. Karena itulah, orang tua perlu menerapkan pola asuh yang tepat sehingga anak bisa hidup mandiri dan tidak manja.

Agar anak tidak tidak tumbuh menjadi pribadi yang manja, orang tua bisa melakukan beberapa kiat berikut ini.

1.  Membiasakan Anak Mengerjakan Tugasnya Sendiri 

Membiasakan anak untuk mengerjakan tugasnya sendiri mungkin agak sulit dilakukan oleh orang tua. Orang tua biasanya akan merasa khawatir jika anak kesulitan melakukan berbagai macam aktivitas seorang diri. Dalam konteks semacam ini, orang tua harus bisa membedakan, manakah aktivitas anak yang harus dibantu dan mana aktivitas anak yang harus dikerjakan sendiri oleh anak. Sebagai contoh, biarkan anak makan sendiri, meskipun hal tersebut akan menyebabkan lantai kotor atau berantakan. Orang tua cukup memantau anak dari jauh.

2.  Menegakkan Peraturan

Agar anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan tidak manja, maka sejak kecil anak harus belajar mengenai peraturan. Apapun peraturan yang dibuat oleh orang tua, yang terpenting adalah bagaimana menegakkan peraturan tersebut. Ajari anak untuk selalu menaati peraturan yang sudah ditetapkan. Misalnya, hari ini orang tua melarang anak mengkonsumsi air dingin karena sedang flu, maka peraturan tersebut harus konsisten untuk waktu berikutnya.  Jangan karena anak merengek, kemudian orang tua mengubah aturan. Hal tersebut akan membuat anak menangkap pesan bahwa peraturan bisa berubah. Jika orang tua konsisten, anak akan belajar untuk menghargai peraturan dan memiliki kontrol diri.

3.  Memberikan Uang Saku secara Reguler

Memberikan uang saku kepada anak secara reguler ternyata juga bisa membuat anak tidak manja dan terbiasa mandiri. Orang tua bisa memberikan uang saku kepada anak secara mingguan atau bulanan. Orang tua juga bisa menaikkan uang saku ketika anak ulang tahun. Dengan memberikan uang saku secara reguler, anak akan terbiasa mengatur keuangannya sendiri. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan pintar mengelola keuangan.

4.  Membiarkan Anak Membeli Sesuatu yang Diinginkannya

Ada kalanya orang tua tidak harus menuntut anaknya untuk selalu berhemat atau terus menabung. Sesekali, orang tua juga bisa membiarkan anak membeli sesuatu yang mereka inginkan menggunakan uang saku atau uang tabungan mereka sendiri. Dengan cara seperti itu, anak bisa membedakan mana yang menjadi prioritas kebutuhan mereka. Yang lebih penting lagi, dengan cara tersebut anak juga bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan mereka dan mana yang menjadi keinginan mereka.

5.  Tunjukkan Kasih Sayang dan Perhatian dengan Cara yang Benar

Memenuhi segala keinginan anak seringkali diartikan sebagai kasih sayang dan perhatian dari orang tua kepada anak. Padahal pola asuh semacam itu justru akan menyebabkan anak tumbuh menjadi pribadi yang manja. Agar anak tidak manja, orang tua hendaknya menunjukkan kasih sayang dan perhatian dengan cara yang benar. Misalnya dengan menemani mereka belajar, walaupun hanya sekedar duduk di sebelah mereka. Dengan cara semacam itu, anak akan merasa diperhatikan dan mendapat dukungan penuh dari orang tua.