05 September 2017 09:51:09

4 Langkah Mempersiapkan Outdoor Activities

https://pixabay.com/en/explore-child-school-play-fun-kid-1140431/

Pembelajaran merupakan sebuah proses untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari suatu pembelajaran tersebut tidak lain terkait peningkatan pengetahuan, sikap, maupun keterampilan siswa. Agar tujuan yang telah ditetapkan guru dapat tercapai seluruhnya, maka proses pembelajaran harus dilakukan dengan efektif. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan belajar mandiri untuk siswa. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas dari sebuah lembaga pendidikan untuk menciptakan ruang belajar seluas-luasnya bagi siswa, sehingga pembelajaran tidak terbatas hanya di ruang kelas atau pada jam pelajaran saja. Lantas, bagaimana penerapan proses pembelajaran efektif tersebut? Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk menerapkannya adalah dengan pembelajaran di luar kelas atau outdoor activities.

Outdoor activities merupakan kegiatan di luar kelas/sekolah yang dilakukan oleh siswa, seperti kegiatan pengamatan di lingkungan sekolah, belajar di taman, mengamati perkampungan, berkemah, atau melakukan kegiatan yang bersifat kepetualangan. Meskipun berada di luar kelas, outdoor activities berbeda dengan bermain. Pada pembelajaran di luar kelas ini, siswa akan diajarkan melihat langsung benda-benda atau peristiwa di sekitarnya. Misalnya, siswa yang sedang belajar tentang bentuk tulang daun dapat melihat langsung berbagai tulang daun dari tumbuhan yang ada di sekitar sekolah. Jadi, siswa tidak hanya sekedar menghafal atau melihat gambar, melainkan dapat mengamatinya secara langsung. Dalam “bahasa guru”, belajar dengan cara yang demikian dikenal dengan istilah pembelajaran kontekstual.

Selain siswa dapat belajar langsung dari lingkungan sekitarnya, outdoor activities juga memberikan manfaat lain yaitu membangun kedekatan antara siswa dengan guru dan menghilangkan kejenuhan belajar pada siswa. Untuk dapat memperoleh manfaat tersebut, diperlukan persiapan matang oleh guru sebelum melaksanakan outdoor activities. Beberapa hal yang perlu guru perhatikan saat akan melakukan outdoor activities diantaranya adalah sebagai berikut.

1.  Merumuskan Pembelajaran

Guru harus merumuskan dengan teliti pengalaman belajar seperti apa yang akan diberikan kepada siswa. Pengalaman belajar tersebut tentu digunakan untuk memperoleh suatu hasil yaitu tambahan pengetahuan siswa. Jadi selepas melakukan outdoor activities, siswa diharapkan dapat memperoleh tambahan ilmu pengetahuan. Jangan sampai siswa hanya merasa seperti bermain-main saja saat kegiatan outdoor activities.

2.  Menentukan Kegiatan

Guru harus menentukan bentuk kegiatan yang akan dilakukan siswa. Kegiatan outdoor activities ini dapat divariasikan sendiri oleh guru, sehingga bentuk kegiatan tersebut dapat disesuaikan dengan kreatifitas guru dalam menyusunnya. Tidak lupa, guru juga harus mempersiapkan alat-alat yang mendukung kegiatan tersebut, seperti membawa alat dan bahan yang akan digunakan siswa serta membuat lembar pengamatan.

3.  Pengalaman yang Menantang

Pembelajaran di luar kelas sebaiknya dikemas semenarik mungkin agar siswa mendapatkan pengalaman yang menantang dan memotivasi diri mereka untuk belajar. Misalnya, saat mempelajari pengelompokkan tumbuhan dikotil dan monokotil, siswa secara berkelompok diinstruksikan guru untuk ke taman sekolah guna mengelompokkan tumbuhan di taman tersebut sesuai materi yang dipelajari. Dalam kegiatan itu, guru sebaiknya memberi batasan waktu. Dengan begitu, siswa akan merasa tertantang dalam menyelesaikan tugasnya.

4.  Waktu Kegiatan

Kegiatan outdoor activities dapat dilakukan dalam jam pelajaran atau di luar jam pelajaran. Waktu kegiatan ini dapat disesuaikan guru dengan kebutuhan siswa, banyak tidaknya materi, kegiatan sekolah, dan lain sebagainya. Jika waktu yang dimiliki terbatas, guru sebaiknya melakukan outdoor activities di sekitar lingkungan sekolah saja.