04 September 2017 11:24:00

Manfaat Permainan Memasak bagi Anak

Sumber: https://pixabay.com/en/children-cook-leisure-play-664069/

Anak perempuan biasanya menyukai permainan memasak setelah melihat ibunya memasak di dapur. Permainan memasak memang diidentikkan dengan permainan anak perempuan. Namun bukan berarti permainan ini hanya boleh dilakukan oleh anak perempuan saja, anak laki-laki juga bisa melakukan permainan ini. Sebagian orang tua mungkin juga berpendapat bahwa permainan memasak adalah permainan biasa yang dilakukan oleh kebanyakan anak perempuan. Namun, bukan sekedar permainan biasa, permainan memasak ternyata memiliki banyak manfaat bagi anak.

Agar permainan memasak memberikan manfaat yang optimal bagi anak, orang tua bisa mendampingi anak ketika melakukan permainan memasak. Adapun manfaat permainan memasak bagi anak adalah sebagai berikut.

1. Melatih Sistem Motorik Halus Anak

Tidak hanya bermain, ibu bisa mengajak anak untuk ikut serta dalam kegiatan memasak ketika di dapur. Ibu bisa memberikan pisau mainan kepada anak ketika melakukan kegiatan memotong sayuran. Kegiatan memotong adalah contoh aktivitas yang akan mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak. Tidak hanya itu, kegiatan menjimpit sayuran untuk diletakkan di wadah tertentu juga akan membantu mengembangkan kemampuan motorik halusnya. Selain kegiatan memotong dan menjimpit, ibu juga bisa memilih peralatan yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak, misalnya melatih anak untuk menggunakan sumpit.

2. Mengenalkan Warna kepada Anak

Mainan yang digunakan oleh anak ketika bermain masak-masakan biasanya terdiri atas berbagai macam warna. Itulah mengapa, penting bagi orang tua untuk mendampingi anak ketika melakukan permainan memasak. Orang tua bisa mengenalkan berbagai macam warna melalui berbagai peralatan yang digunakan oleh anak. Selain mendampingi anak ketika bermain masak-masakan, orang tua juga bisa mengajak anak memasak di dapur. Sebagai contoh, ketika ibu akan memasak sayur sop, ibu bisa mengenalkan berbagai macam warna dari sayuran yang akan dimasak atau dari berbagai macam alat masak yang akan digunakan.

3. Mengenalkan Aneka Bentuk kepada Anak

Berbagai macam peralatan yang digunakan untuk memasak tentu terdiri dari berbagai macam bentuk. Dari berbagai macam bentuk itulah orang tua bisa mengenalkan bentuk kepada anak. Sebagai contoh, mangkok memiliki bentuk yang bulat, talenan memiliki bentuk persegi panjang, sendok memiliki bentuk lonjong dan cekung, dan masih banyak lagi. Tidak hanya dari peralatan memasak, orang tua juga bisa mengenalkan berbagai macam bentuk kepada anak dari berbagai macam jenis sayuran yang akan dimasak. Misalnya wortel memiliki bentuk kerucut, tomat memiliki bentuk bulat, dan masih banyak lagi.

4. Belajar Manfaat Sayuran

Permainan memasak ternyata bisa dijadikan media yang efektif untuk mengenalkan pentingnya mengkonsumsi sayuran kepada anak. Orang tua bisa mengenalkan berbagai macam sayuran dan manfaat apa yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran tersebut. sebagai contoh, orang tua bisa mengenalkan wortel kepada anak, orang tua bisa menjalaskan bahwa wortel kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

5. Mengasah Keterampilan Sosial Emosional Anak

Dengan melakukan permainan memasak, anak juga akan belajar mengasah keterampilan sosial dan emosionalnya. Anak akan mengetahui bagaimana proses pembuatan masakan hingga akhirnya masakan itu bisa dimakan. Dengan ikut terlibat dalam permainan memasak, anak akan lebih menghargai proses dan juga kerja keras orang lain dalam menyiapkan makanan sehingga diharapkan anak juga akan lebih menghargai makanan.