30 Agustus 2017 10:00:29

Kapan Waktu Paling Tepat Mengajari Anak Bahasa Inggris?

Sumber: https://pixabay.com/en/board-school-blackboard-chalk-font-64269/

Tidak bisa dipungkiri, penetrasi bahasa Inggris pada semua bidang makin kuat dari waktu ke waktu. Mau atau tidak, seluruh lapisan masyarakat juga akan terseret ke dalam arus tersebut. Maka tidak heran, banyak orang tua yang khawatir jika anaknya tidak bisa menguasai bahasa Inggris. Bahkan banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke kursus bahasa Inggris meskipun anak belum memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar. Ada pula orang tua yang mengharuskan anaknya untuk masuk ke sekolah yang memiliki bahasa pengantar bahasa Inggris dengan alasan agar anak bisa lancar berbahasa Inggris. Namun pertanyaannya, kapan waktu paling tepat mengajari anak bahasa Inggris?

Waktu Paling Tepat Mengajari Anak Bahasa Inggris

Banyak orang tua yang berpandangan bahwa semakin dini anak belajar bahasa Inggris, maka anak akan semakin cepat lancar berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Pandangan orang tua tersebut ternyata juga didukung oleh beberapa pakar bahasa, seperti McLaughlin dan Genesee. Mereka berpendapat bahwa semakin dini seseorang belajar bahasa Inggris maka akan semakin kecil kendala yang dihadapi. Alasannya, anak memiliki daya ingat yang kuat dan kapasitas untuk bisa berubah saat menanggapi tuntutan lingkungan. Itulah sebabnya bahasa Inggris bisa diajarkan sejak dini kepada anak. Jadi orang tua tidak perlu khawatir anak akan merasa kebingungan.

Selain McLaughlin dan Genesee, seorang ahli neurologi bernama Eric H. Lennenberg juga berpendapat bahwa sebelum masa pubertas, anak memiliki kekuatan otak yang lebih lentur. Karena itulah, sebelum masa pubertas anak akan lebih mudah belajar bahasa Inggris. Sedangkan sesudahnya akan makin berkurang dan pencapaiannya kurang maksimal. Namun ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan orang tua sebelum mengajari anak bahasa Inggris. Orang tua harus mengingat hakikat penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi. Tujuan dari “komunikasi” itulah yang harus dipegang oleh orang tua. Sebagai orang Indonesia, tentu saja orang tua harus memahami bahwa alat komunikasi yang paling baik adalah bahasa daerah dan/atau bahasa Indonesia. Karena itulah, orang tua harus memastikan anak menguasai bahasa ibu dengan baik, maka selanjutnya anak akan lebih mudah menguasai bahasa asing.

Cara Mudah Mengajari Anak Bahasa Inggris di Rumah

Setelah anak sudah mantap dengan bahasa daerah dan bahasa Indonesia, maka selanjutnya orang tua bisa mengajarkan bahasa Inggris kepada anak. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan orang tua untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak.

  1. Sebagai bentuk perkenalan awal, orang tua bisa mengenalkan anak pada bahasa Inggris melalui lagu berbahasa Inggris. Dengan membiasakan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, anak akan lebih mudah menyerap unsur bahasa tersebut. Orang tua bisa memutar lagu tersebut dengan sering sehingga anak lebih mudah menghafal dan menyerap apa yang sering ia dengarkan.
  2. Selain lagu, orang tua juga bisa menggunakan media film animasi berbhaasa Inggris untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak. Cara tersebut biasanya lebih menarik minat anak. Pelafalan yang jelas pada film animasi dapat membantu anak memahami dan mengasah kemampuan mereka untuk menguasai vocabulary dan grammar.
  3. Jika anak sudah mantap dengan bahasa daerah dan bahasa Indonesia, selanjutnya secara berkala orang tua bisa menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari. Orang tua juga bisa menunjukkan berbagai macam benda di sekitar anak menggunakan bahasa Inggris.