18 Agustus 2017 13:09:01

6 Karakteristik yang Wajib Dimiliki Guru Inspiratif

Guru inspiratif adalah mereka yang mampu mendidik, memberi teladan yang baik, memahami kondisi kejiwaan siswa, serta mampu memotivasi siswa untuk terus maju.

Guru adalah salah satu profesi yang mulia. Sebutan pahlawan tanpa tanda jasa pun rasanya memang pantas diberikan bagi seorang guru. Bagaimana tidak, menjadi guru berarti harus mampu mengemban amanah besar yaitu mendidik generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, guru tidak hanya memerlukan kemampuan intelektual saja, tetapi kemampuan emosional dan spiritualnya pun harus mumpuni. Hal tersebut sangat penting, karena guru tidak cukup hanya melakukan transfer ilmu kepada siswa tapi juga harus mampu memahami karakter dan kondisi siswa.

Mendidik siswa menjadi generasi emas masa depan memang tidak mudah. Untuk mewujudkannya, diperlukan guru yang tidak hanya memiliki kemampuan intelektual, tetapi juga mampu merubah kebiasaan bahkan pola pikir siswa menjadi lebih baik. Guru yang demikian dapat kita sebut sebagai guru inspiratif. Guru yang inspiratif adalah mereka yang mampu mendidik, memberi teladan yang baik, memahami kondisi kejiwaan siswa, serta mampu memotivasi siswa untuk terus maju. Layanan pendidikan yang diberikan guru inspiratif tidak akan membeda-bedakan siswa, baik dari segi fisik, intelektual, maupun emosional. Lantas, apa saja kriteria seorang guru hingga dapat disebut guru inspiratif? Mari kita simak uraian berikut.

1.  Guru Pembelajar

Seorang guru inspiratif harus bersedia untuk menambah pengetahuannya secara terus menerus. Jika guru tidak mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, maka lama kelamaan ilmu yang dimiliki guru tidak lagi relevan dengan kebutuhan siswa. Guru harus menunjukkan semangat tinggi untuk terus menambah pengetahuan sehingga dapat menarik minat siswa untuk mengikuti jejaknya. Guru yang memiliki pengetahuan luas akan meningkatkan kepercayaan siswa terhadap guru tersebut.

2.  Menguasai Kompetensi

Secara umum, kompetensi yang harus dikuasai seorang guru adalah kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian. Keempat kompetensi ini berhubungan dengan penguasaan materi, kemampuan berbicara di depan banyak orang, gaya mengajar, serta kecakapan untuk menjadi teladan bagi siswa. Guru dapat menjadi guru inspiratif jika mampu melakukan keempat kompetensi tersebut dengan baik.

3.  Mendidik dengan Ikhlas

Guru adalah profesi yang seharusnya dilakukan berdasarkan panggilan hati dan ketulusan untuk mendidik siswa. Mereka yang masih menghitung imbalan yang didapat ketika mengajar berarti tidak bisa disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya. Salah satu kunci untuk menjadi guru inspiratif adalah mendidik dengan totalitas dan ikhlas. Dengan begitu, satu-satunya yang diharapkan guru adalah ilmu yang  ia berikan dapat bermanfaat bagi masa depan setiap siswanya.

4.  Menunjukkan Sisi Spiritualis

Spiritualitas guru sebaiknya ditunjukkan secara kontinu, baik di depan siswa secara langsung maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, siswa diharapkan dapat mencontoh sikap spiritual guru. Melahirkan generasi yang patuh terhadap agama adalah salah satu hal yang harus dilakukan guru inspiratif.

5.  Kreatif

Guru dapat dikatakan inspiratif jika mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan kreatifitas yang ia miliki. Kreatifitas guru tersebut diharapkan dapat membuat siswa menjadi terkesan dalam proses pembelajaran. Kreatifitas dapat dimunculkan guru dari sumber belajar, metode pembelajaran, media, maupun hal lain di sekitar sekolah.

6.  Pendorong Perubahan

Guru inspiratif adalah mereka yang mampu meninggalkan kesan dalam diri siswa. Melalui didikannya, siswa dapat terus berubah ke arah yang lebih baik. Bahkan setelah lepas dari didikannya pun, ajarannya tetap diingat siswa dan dijadikan salah satu motivasi atau semangat dalam menjalani hidup di masa depan.