16 Agustus 2017 14:19:25

Memaknai Upacara Bendera pada 17 Agustus sebagai Momen Bersejarah Bangsa

Sumber: https://commons.wikimedia.org

Upacara bendera merupakan agenda wajib yang selalu dilaksanakan setiap kali merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Bagi sebagian orang, melaksanakan upacara bendera pada 17 Agustus mungkin hanya sebagai formalitas saja. Namun di balik itu semua, melaksanakan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus merupakan momen sakral yang hendaknya mengingatkan kita tentang perjuangan para pahlawan untuk memperoleh kemerdekaan Republik Indonesia. Secara harfiah, kemerdekaan memiliki makna kebebasan. Sedangkan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan bagi suatu negara berarti memperingati hari di mana suatu bangsa terbebas dari segala bentuk penjajahan dari bangsa asing, bebas membangun bangsanya sendiri tanpa adanya campur tangan dari bangsa lain.

Momen Bersejarah pada 17 Agustus 1945

Tanggal 17 Agustus merupakan momen yang seharusnya bisa mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia terhadap perjuangan para pahlawan untuk memperoleh kemerdekaan. Pada tanggal itu pula, di tahun 1945, Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Naskah yang dibacakan oleh Presiden Soekarno tersebut menyatukan seluruh rakyat Indonesia pada jiwa nasionalisme. Meskipun rakyat Indonesia terdiri atas berbagai macam suku, agama, kebudayaan, ataupun ras, namun perbedaan tersebut menyatu melalui rasa nasionalisme dan kecintaan kepada bangsa Indonesia. Lalu, apakah saat ini rasa nasionalisme tersebut masih bisa kita rasakan? Meskipun kita tidak ikut berjuang bersama para pahlawan pada masa kemerdekaan, namun saat ini perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan yang seutuhnya harus tetap dilakukan.

Memaknai Upacara Bendera pada 17 Agustus

Setiap tanggal 17 Agustus selalu dilaksanakan upacara bendera untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Bukan sekedar rutinitas saja, upacara bendera pada 17 Agustus merupakan kegiatan yang memiliki makna dan mengingatkan kita terhadap momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa makna upacara bendera pada tanggal 17 Agustus sebagai salah satu momen bersejarah bangsa Indonesia.

1. Mengenang Jasa Para Pahlawan

Kemerdekaan bangsa Indonesia bisa terwujud berkat jasa para pahlawan. Karena itulah, melalui upacara bendera pada 17 Agustus, siswa juga bisa mengenang jasa serta perjuangan para pahlawan untuk memperoleh kemerdekaan. Selain mengenang jasa dan juga perjuangan para pahlawan, siswa sebaiknya juga meneladani kecintaan para pahlawan untuk bangsanya. Perjuangan para pahlawan tersebut hendaknya bisa dijadikan motivasi bagi siswa untuk meneruskan perjuangan agar memperoleh kemerdekaan Indonesia secara utuh.

2. Meningkatkan Nasionalisme pada Diri Siswa

Setiap prosesi yang dilaksanakan pada upacara bendera, terutama pada tanggal 17 Agustus, merupakan cerminan kecintaan terhadap bangsa Indonesia. Pengibaran bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks proklamasi, merupakan beberapa contoh prosesi dalam upacara bendera pada 17 Agustus yang bisa memunculkan jiwa nasionalisme pada diri siswa. Mengapa demikian? Dahulu, perjuangan untuk mengibarkan bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta membacakan teks proklamasi bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Dengan meresapi hal tersebut, diharapkan siswa akan memiliki kecintaan dan rasa nasionalisme yang besar terhadap bangsa Indonesia.

3. Melatih Kedisiplinan

Sebagai peserta upacara bendera, siswa dituntut untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan saat upacara bendera. Aturan-aturan tersebut seperti mengikuti urutan upacara bendera dari awal sampai akhir, menempatkan diri pada posisi yang sudah ditentukan, serta tidak datang terlambat saat akan mengikuti upacara. Hal tersebut sudah tentu akan memunculkan sikap disiplin pada diri siswa. Dengan kata lain, upacara bendera juga akan memunculkan karakter disiplin pada diri siswa.