08 Agustus 2017 09:41:43

Guru Melek Teknologi Itu Penting!

Guru harus mampu menerapkan pemanfaatan teknologi dalam membimbing siswa ketika belajar.

Perkembangan teknologi menuntut semua elemen pendidikan memanfaatkan teknologi dalam segala aspek. Perkembangan teknologi tersebut juga ikut mempengaruhi sistem kerja guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, khususnya dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Maksud dari guru melek teknologi bukan hanya sekedar mampu menguasai perangkat teknologi informasi dengan fitur-fitur terbaru. Yang dimaksud dengan guru melek teknologi adalah guru mampu memanfaatkan teknologi secara bijak, artinya guru harus mampu menerapkan pemanfaatan teknologi dalam membimbing siswa ketika belajar.

Pentingnya Guru Melek Teknologi

Kemajuan teknologi yang semakin pesat menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk terus melek teknologi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, dengan menjadi guru yang selalu update terhadap perkembangan teknologi maka diharapkan guru mampu mengembangkan berbagai metode mengajar yang lebih efektif ketika di kelas. Kemudahan mencari informasi akan memberikan banyak manfaat bagi para guru di sekolah.

Saat ini materi pembelajaran bukan hanya bersumber dari buku teks saja, namun dari berbagai sumber di internet. Hal tersebut akan membuka wawasan guru untuk menemukan berbagai sumber pembelajaran yang dapat dibagikan kepada peserta didik. Pembelajaran berbasis multimedia pun dapat terlaksana dengan menggunakan teknologi internet. Guru mengajar dengan multimedia akan menghadirkan suasana belajar yang lebih menyenangkan karena materi pelajaran ditampilkan bukan hanya dalam bentuk teks buku, namun bisa dalam bentuk animasi, video, audio, atau games edukatif.

Manfaat Teknologi Sebagai Media Pembelajaran

Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran akan menciptakan suasana menyenangkan di dalam kelas. Dengan memanfaatkan teknologi, diharapkan siswa tidak bosan ketika mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Hal tersebut karena teknologi menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik. Materi tidak disampaikan dengan cara tradisional yang membuat siswa bosan, namun materi disampaikan dalam bentuk video atau film yang dapat ditonton bersama. Sebagai contoh, ketika siswa sedang belajar tentang tata surya, jika sebelumnya guru hanya menerangkan di depan kelas tentang tata surya dan benda-benda bumi, maka dengan bantuan internet guru dapat menampilkan gambar dan video yang menjelaskan tentang tata surya.

Jika guru melek teknologi, tidak ada lagi guru yang terjebak dengan metode mengajar tradisional di mana guru ceramah di depan kelas menyampaikan materi atau menulis materi bagi siswanya. Variasi gaya mengajar untuk berbagai materi dapat dengan mudah ditemukan guru di internet. Hal tersebut menjadi bekal bagi guru untuk menerapkan metode belajar yang baru dan menyenangkan bagi siswanya. Dengan variasi gaya mengajar akan membuat siswa gemar belajar dan mengerjakan tugas. Dengan demikian, tingkat keberhasilan siswa dalam belajar juga akan meningkat.

Pelatihan Internet bagi Guru

Rendahnya penerapan teknologi di lingkungan pendidikan bukan semata-mata kerena fasilitas komputer atau internet yang tidak mendukung, namun pada rendahnya penerapan IT di kalangan guru. Hal tersebut terjadi karena banyaknya guru yang lahir jauh sebelum lahirnya teknologi, maka pembekalan guru untuk penggunaan teknologi dalam pelajaran sangat penting dilakukan. Lewat Ikatan Guru Indonesia (IGI) kini guru dapat menikmati pelatihan internet secara offline maupun online. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang manfaat teknologi serta pengoperasian teknologi tersebut. Dengan banyaknya guru yang melek teknologi diharapkan mampu memunculkan kreativitas guru dalam mengajar yang akan berdampak pada meningkatnya prestasi siswa.