04 Agustus 2017 11:00:05

Asyiknya Melakukan Eksperimen Sederhana di Rumah

Untuk menciptakan proses pembelajaran yang mengasyikkan, salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua di rumah adalah mengajak anak bereksperimen.

Pembelajaran bagi seorang anak sejatinya bukan hanya sekedar menyerap materi pelajaran tetapi lebih pada mencari pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan. Pembelajaran di sekolah ataupun di rumah diharapkan dapat membuat anak merasa nyaman dan senang. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang mengasyikkan, salah satu cara yang dapat dilakukan guru maupun orang tua di rumah adalah mengajak anak melakukan percobaan sederhana atau dikenal dengan istilah metode eksperimen.

Eksperimen merupakan suatu metode mengajar yang menekankan pada proses melakukan suatu percobaan, mulai dari menyiapkan alat dan bahan, mengamati proses percobaan, menuliskan dan menyampaikan hasil pengamatan, hingga akhirnya dilakukan evaluasi terhadap hasil percobaan itu. Jangan salah ya ayah dan bunda, metode eksperimen ini tidak hanya dapat dilakukan di sekolah saja. Orang tua sebagai pendamping belajar di rumah pun dapat melakukan metode eksperimen bersama anak. Saat melakukan kegiatan tersebut, orang tua harus senantiasa membimbing dan melakukan evaluasi seperti halnya guru di sekolah. Evaluasi dalam hal ini bukan berarti memberikan soal tertulis kepada anak, tetapi cukup lakukan tanya jawab dengan bahasa yang santai dan akrab. Asyiknya melakukan eksperimen akan dirasakan anak ketika dapat mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban dari persoalan yang ia hadapi saat melakukan eksperimen.

Tujuan utama melakukan percobaan sederhana atau eksperimen ini adalah untuk mengenalkan teori dengan cara yang menyenangkan. Sebelum orang tua mengajak anak melakukan percobaan sederhana, orang tua perlu melakukan persiapan terlebih dahulu. Mulai dari mempelajari landasan teori yang dipakai dalam percobaan, peralatan yang akan digunakan, serta tempat dan waktu untuk melakukan percobaan. Metode eksperimen sangat cocok untuk mengajarkan materi IPA kepada anak. Berikut beberapa contoh melakukan percobaan sederhana di rumah yang dapat dipraktikkan anak didampingi orang tuanya.

1.  Awan dalam Gelas

Alat dan bahan: air panas, toples gelas besar, korek api, dan 1 kantong es.

Langkah Kerja:

  1. Tuang air mendidih ke dalam gelas, biarkan selama 1 menit, lalu buang sebagian isinya.
  2. Nyalakan korek di atas gelas, pegang sebentar lalu jatuhkan ke dalam gelas.
  3. Letakkan kantong es di atas gelas.
  4. Awan akan mulai terbentuk di dalam gelas.
2.  Bunga Anyelir Warna warni

Alat dan bahan: 4 buah gelas, 4 bunga anyelir putih, 4 jenis pewarna makanan, talenan, dan pisau.

Langkah kerja:

  1. Tuangkan air pada masing-masing gelas hingga 1/2 penuh.
  2. Tambahkan pewarna makanan hingga mendapatkan warna yang pas.
  3. Potong batang bunga dengan pisau di atas talenan.
  4. Usahakan potong batang dengan miring.
  5. Letakkan 1 bunga di masing-masing gelas.
  6. Tempatkan gelas-gelas tersebut di tempat yang terang dan berada dalam jangkauan sinar matahari.
  7. Biarkan selama 4-6 jam.
  8. Setelah 4-6 jam, lihat masing-masing bunga yang ada pada gelas. Anda dan putra/ putri Anda akan mendapatkan "Bunga Anyelir Warna-warni".
3.  Gunung Berapi

Alat dan bahan: 1 botol air mineral kosong, plastisin, air hangat, 6 tetes detergen, 2 sendok makan baking soda, dan cuka.

Langkah kerja:

  1. Gunakan plastisin untuk memberntuk gunung berapi di sekitar botol air mineral yang kosong.
  2. Isi 3/4 botol dengan air hangat.
  3. Tambahkan 6 tetes detergen ke dalam botol. Detergen inilah yang akan menjadi lava dari gunung berapi yang akan dibuat.
  4. Tambahkan 2 sendok makan baking soda.
  5. Tuangkan cuka namun secara perlahan.
  6. Saat cuka dituang, waktunya anak melihat gunung berapi erupsi!