31 Juli 2017 13:33:01

Persiapan Menghadapi Evaluasi Pembelajaran dengan Bank Soal

Evaluasi pembelajaran penting dilakukan oleh guru untuk melihat keberhasilan siswa dalam belajar.

Evaluasi belajar merupakan bagian dari kurikulum yang dilakukan paling akhir dalam sebuah proses belajar mengajar. Kegiatan evaluasi pembelajaran bertujuan untuk menentukan nilai hasil belajar siswa yang akan dilaporkan kepada orang tua serta melihat keberhasilan belajar siswa pada suatu mata pelajaran tertentu. Selain itu, evaluasi pembelajaran juga menjadi acuan untuk menyesuaikan sistem pembelajaran sesuai kemampuan dan minat siswa. Bagi guru, evaluasi pembelajaran dijadikan feedback mengenai perlu tidaknya dilakukan remedial serta melihat seberapa besar efektifitas mengajar guru. 

Melakukan Komunikasi dengan Siswa dan Orang Tua

Evaluasi pembelajaran penting dilakukan oleh guru untuk melihat keberhasilan siswa dalam belajar. Maka dari itu, guru perlu mempersiapkan siswa dalam menghadapi evaluasi pembelajaran. Mendekati masa evaluasi pembelajaran guru dapat mengulang kembali beberapa materi penting yang sudah diajarkan sebelumnya. Guru juga harus menenangkan siswa secara mental bahwa evaluasi belajar merupakan hal yang tidak perlu ditakuti serta menyemangati siswa agar lebih giat lagi untuk belajar sangat penting agar siswa bisa memperoleh hasil yang optimal saat evaluasi.

Selain menjalin komunikasi dengan siswa, guru juga harus menjalin komunikasi dengan orang tua siswa. Kerja sama dengan orang  tua menghadapi evaluasi pembelajaran siswa dapat dilakukan guru agar siswa bisa lebih giat belajar selama di rumah. Guru juga bisa mengkomunikasikan mengomunikasikan sejauh mana kemampuan siswa dalam materi yang akan dievaluasi serta materi mana yang masih perlu ditingkatkan. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan anak dalam belajar, orang tua akan lebih mudah menentukan cara pembelajaran yang efektif saat di rumah.

Menggunakan Fasilitas Bank Soal

Menyediakan soal latihan bagi siswa juga merupakan salah satu cara mempersiapkan siswa untuk menghadapi evaluasi. Dengan membiasakan memecahkan persoalan, siswa bisa mengaplikasikan teori yang mereka pelajari dari buku atau materi pembelajaran. Bank soal juga dapat menjadi acuan bagi siswa untuk mengetahui sejauh mana mereka dapat menyerap pembelajaran sebelum menghadapi evaluasi yang sesungguhnya.

Guru bisa mengumpulkan soal sesuai materi yang digunakan selama proses belajar mengajar. Soal-soal tersebut bisa dibuat sendiri oleh guru dan dikumpulkan menjadi sebuah bank soal. Untuk memperkaya bank soal,  guru dapat menggunakan berbagai sumber seperti buku kumpulan soal ataupun mengunduh soal dari internet. 

Rumah Juara mendukung usaha guru untuk memperkuat kemampuan siswa sebelum masa evaluasi dengan menghadirkan fasilitas bank soal. Ribuan soal dapat diakses baik secara online maupun diunduh utnuk dicetak. Guru tidak lagi kesulitan membuat variasi soal karena Rumah Juara menyediakan ribuan soal yang siap digunakan. Dengan kemudahan ini diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi evaluasi dan mendapat prestasi yang membanggakan.

Klik di sini untuk memanfaatkan fasilitas bank soal!