28 Juli 2017 09:49:54

5 Tips Ajari Anak Membaca dengan Menyenangkan

Orang tua dapat menerapkan berbagai metode belajar membaca modern yang menyenangkan ketika mengajarkan anak membaca.

Membaca merupakan kemampuan akademik yang harus dimiliki anak ketika akan memasuki dunia pendidikan formal. Mampu membaca adalah kunci awal anak untuk belajar ilmu pengetahuan baru yang akan ditemukan di sekolah maupun luar sekolah. Memahami pentingnya kemampuan membaca tersebut, orang tua dapat mengajarkan anak mereka membaca sejak dini, baik dengan mengajarkan langsung atau pun diserahkan pada lembaga kursus membaca.

Mengajarkan membaca bagi anak adalah kegiatan yang sangat positif, akan tetapi orang tua harus selalu ingat bahwa dunia bermain adalah hal utama bagi anak. Jangan sampai orang tua menuntut anak untuk belajar hingga menghilangkan kesempatan bermain mereka. Sebaliknya, optimalkan kesempatan bermain anak, namun berusahalah menyisipkan berbagai pembelajaran dalam permainan tersebut. Hakikatnya, seorang anak akan belajar dengan gembira dan tanpa ada beban jika melakukannya sambil bermain. Hal itu berlaku pula saat mereka belajar membaca. Orang tua dapat menerapkan berbagai metode belajar membaca modern yang menyenangkan ketika mengajarkan anak membaca. Apa sajakah metode tersebut? Berikut ulasannya.

1.  Membaca sambil Menyanyi

Membaca sambil menyanyi dapat dilakukan untuk mengenalkan huruf kepada anak. Melalui lagu, anak akan akan hafal huruf A-Z dengan sendirinya. Cara ini dirasa menyenangkan bagi anak karena mereka tidak perlu menghafal huruf satu per satu dengan cara konvensional.

2.  Flash Card

Flash card atau kartu bergambar akan membantu anak menghafal huruf dengan bantuan gambar-gambar menarik. Jadi, anak tidak hanya mengetahui bentuk dan bunyi huruf, tetapi juga mengetahui benda atau makhluk hidup yang dapat diucapkan menggunakan huruf yang ia pelajari tersebut.

3.  Mendongeng

Mendongeng atau membacakan cerita sebelum tidur dapat meningkatkan kedekatan anak dan orang tua. Tidak hanya itu, membacakan dongeng juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan membaca anak. Mengapa demikian? Ternyata, dari buku yang orang tua bacakan, anak akan mulai mengenal berbagai tokoh dalam cerita. Secara tidak sadar, anak akan mengetahui penulisan dari nama-nama tokoh tersebut. Anak juga dapat mengingat hubungan antara penulisan nama tokoh dengan pengucapannya. Dengan begitu, pelajaran mengenal huruf dan cara pengucapannya dapat diperoleh anak dalam sekali waktu.

4.  Pembelajaran berbasis Multimedia

Di era global ini, banyak orang tua yang telah mengenalkan gadget pada anak mereka. Salah satu pemanfaatan gadget tersebut adalah sebagai media pembelajaran membaca bagi anak. Berbagai video pembelajaran maupun games edukatif yang diakses melalui gadget dapat memudahkan orang tua untuk mengajarkan anak membaca dengan cara yang menyenangkan.

5.  Belajar Membaca Mulai dari Hal Dasar

Dasar-dasar membaca yang baik akan membantu anak belajar membaca dengan benar serta memahami makna dengan tepat. Dasar membaca yang dapat kita ajarkan yang pertama adalah fonem atau bunyi bahasa. Pahamkan pula tentang kata berima dan bersuku kata mirip, misalnya kata ‘beras’ dan ‘peras’. Saat anak sudah paham dengan hal-hal dasar tersebut, barulah mulai untuk memberikan sebuah bacaan sederhana. Pilihlah bacaan yang imajinatif dan menarik untuk anak.

Bagaimana, tidak sulit bukan mengajarkan anak membaca? Berbagai metode di atas dapat pula dibarengi dengan menciptakan ruangan belajar yang menyenangkan bagi anak, seperti menempelkan beragam poster huruf atau memasang karpet huruf yang berwarna. Lakukan metode di atas secara berkesinambungan. Biarkan anak belajar sedikit demi sedikit hingga akhirnya mereka lancar membaca. Ingat, jangan memaksa atau memarahi anak jika mereka belum mampu membaca sesuai harapan anda sebagai orang tua. Jangan lupa untuk selalu memberi pujian pada anak di setiap pencapaiannya dalam belajar membaca. Pujian anda tersebut dapat menjadi sumber motivasi anak untuk lebih giat belajar membaca.