27 Juli 2017 11:01:11

Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2017/2018 sebagai Acuan Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran

Dengan kalender pendidikan, sekolah dapat mempersiapkan beberapa agenda pendidikan yang dianggap penting.

Memasuki tahun ajaran baru, seluruh unsur pendidikan di Indonesia sedang berbenah mempersiapkan kembali masa efektif kegiatan belajar mengajar. Rapat kerja sekolah menjadi agenda rutin yang selalu dilakukan guru, kepala sekolah, karyawan, dan seluruh jajaran yang terkait dalam lingkup pendidikan di sekolah tersebut. Selain rapat kerja sekolah, yang tidak kalah penting bagi guru adalah menyiapkan perangkat pembelajaran selama satu tahun ajaran pendidikan. Untuk menyiapkan perangkat pembelajaran tersebut, guru harus memiliki acuan waktu sehingga bisa melihat berbagai agenda penting selama satu tahun ajaran pendidikan. Acuan waktu tersebut bisa dilihat oleh guru pada kalender pendidikan.

Agenda Penting dalam Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2017/2018
Untuk tahun ajaran 2017/2018, seluruh unsur pendidikan SD bisa menjadikan kalender pendidikan sekolah dasar 2017/2018 sebagai acuan untuk mempersiapkan masa efektif belajar mengajar beserta perangkat pembelajaran yang diperlukan selama satu tahun ajaran pendidikan. Dengan kalender tersebut, setiap SD dapat mempersiapkan jauh-jauh hari untuk beberapa agenda pendidikan yang dianggap penting. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa agenda penting yang perlu diketahui seluruh unsur pendidikan SD dalam kalender pendidikan SD tahun ajaran 2017/2018.

Kalender Pendidikan sebagai Acuan Mempersiapkan Pembelajaran
Beberapa agenda penting yang tertera dalam kalender pendidikan 2017/2018 dapat menjadi acuan bagi seluruh unsur pendidikan, terutama bagi para guru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran yang menunjang proses belajar mengajar. Dengan adanya agenda tersebut, diharapkan guru lebih dimudahkan untuk merancang kegiatan belajar yang terangkum di dalam perangkat pembelajaran selama satu tahun ajaran pendidikan. Untuk membuat perangkat pendidikan, guru menjadikan Kurikulum 2013 yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai acuan. Dalam Kurikulum 2013 tersebut, guru dituntut untuk menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan.

Selain mengacu pada Kurikulum 2013 yang telah ditetapkan pemerintah, guru dapat mencari media lain sebagai bahan pengajaran. Pembelajaran berbasis multimedia dapat menjadi salah satu pilihan untuk menciptakan pengajaran yang menyenangkan, terutama bagi pembelajaran di sekolah dasar (SD). Menerapkan pembelajaran berbasis multimedia dalam pembelajaran SD diharapkan mampu menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga siswa lebih mudah menyerap materi pembelajaran. Mengisi kegiatan pembelajaran dengan Rumah Juara bisa menjadi pilihan yang tepat bagi guru SD. Di sana, guru akan mendapatkan bahan pengajaran yang menarik, di antaranya video pembelajaran, games edukatif, bank soal, materi pelajaran, dan artikel seputar pendidikan.