24 Juli 2017 13:32:04

10 Kewajiban Orang Tua dalam Memenuhi Hak Anak

10 kewajiban yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk memenuhi hak anak.

Hari anak nasional merupakan salah satu event tahunan di Indonesia, tepatnya diperingati pada tanggal 23 Juli. Peringatan Hari Anak dilakukan sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Adanya Hari Anak ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberi perlindungan dan dukungan terhadap tumbuh kembang anak, mengingat anak merupakan aset kemajuan bangsa.

UNICEF mendefinisikan anak sebagai penduduk yang berusia antara 0 sampai dengan 18 tahun. Dalam UU RI Nomor 4 tahun 1979 dituliskan bahwa anak adalah mereka yang belum berusia 21 tahun dan belum menikah. Selama rentang usia anak (0-21 tahun) tersebut, peran orang tua dalam mendampingi anak untuk tumbuh dengan baik sangatlah penting. Setiap orang tua harus sadar betul akan hak anak yang harus mereka penuhi.

Sayangnya, tidak semua orang tua memahami hak dasar anak. Sangat miris rasanya jika kita mengetahui banyak anak meregang nyawa akibat dianiaya oleh orang tuanya sendiri. Padahal seharusnya, orang tua adalah tameng atau pelindung bagi anaknya dari berbagai ancaman kekerasan. Tidak hanya itu, eksploitasi anak oleh orang tua kini juga marak terjadi. Untuk mencegah timbulnya pelanggaran hak anak di kemudian hari, kita dapat membangun kembali kesadaran orang tua akan kewajibannya terhadap anak. Mari kita simak 10 kewajiban yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk memenuhi hak anak berikut ini.

1.   Memberikan Waktu Bermain
Orang tua harus memberikan setiap anak waktu untuk bermain bersama teman-temannya dengan kegiatan yang ia senangi. Karena anak belum bijaksana mengatur jadwal bermain, anda bertanggung jawab untuk mengatur waktu anak.

2.   Memberikan Pendidikan
Seorang anak harus mendapatkan pendidikan agar kelak dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Anda sebagai orang tua harus menolong anak untuk maju menatap masa depan hingga ia berhasil meraih cita-citanya.

3.  Memberikan Perlindungan
Perundungan, pelecehan, ancaman, penindasan dan lainnya kerap terjadi pada anak di masa sekarang ini. Anda sebagai orang tua bertanggung jawab untuk melindungi anak dari semua ancaman tersebut.

4.   Memberikan Nama/ Identitas bagi Anak
Berikan nama yang sepatutnya dia dapatkan. Nama yang baik dapat pula menjadi doa baik dari anda sebagai orang tua.

5.   Memenuhi Kebutuhan Makanan
Ketika anak dilahirkan, maka tugas anda sebagai orang tua adalah memberinya makanan serta minuman yang sehat. Sebagai aset bangsa, anak-anak harus memperoleh gizi seimbang dalam pertumbuhannya.

6.   Memberikan Kesempatan Berekreasi
Ajaklah anak menghabiskan waktu bersama untuk rekreasi. Bila keuangan anda pas-pasan, carilah kegiatan rekreasi yang tidak harus mengeluarkan biaya mahal.

7.  Memberikan Akses Kesehatan
Saat anak sedang menderita sakit adalah berikan perawatan sebaik-baiknya agar dia pulih kembali kesehatannya. Tunjukkan kasih sayang anda agar anak merasa diperhatikan oleh orang tuanya.

8.   Memberikan Kesamaan Hak
Salah satu tugas orang tua adalah menolong anak-anak memahami fakta dan hukum sebab-akibat, berdiskusi dengannya kemudian membiarkan anak-anak mengemukakan pendapatnya.

9.   Mendapatkan Status Kebangsaan
Dalam hubungan manusia yang lintas negara, maka pernikahan campuran sering terjadi. Anak yang lahir dari pernikahan campuran perlu mendapatkan status kebangsaan yang jelas.

10. Memberikan Kesempatan Berperan dalam Pembangunan
Biarkan anak ambil bagian dalam pelatihan keterampilan dengan mengajarkannya keahlian. Hal itu akan berguna bagi anak di masa depan saat ia harus berkontribusi dalam pembangunan negara. 

Hak Anak Menurut Konvensi PBB