18 Juli 2017 08:43:03

Mengapa Penelitian Tindakan Kelas Penting bagi Pembelajaran Sekolah Dasar?

PTK dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi ketika melaksanakan proses pembelajaran.

Penelitian tindakan kelas (PTK) selama ini diidentikkan hanya untuk para ilmuwan atau mahasiswa. Namun nyatanya penelitian ini sangat penting dilakukan oleh guru SD. Mengapa demikian? PTK merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi ketika melaksanakan proses pembelajaran. Sayangnya, PTK sebagai salah satu jenis karya tulis ilmiah dianggap sebagai momok oleh para guru karena memiliki prosedur yang rumit. Padahal jika dilaksanakan sesuai prosedur, PTK akan memberikan manfaat besar bagi guru maupun siswa, terutama untuk menyelesaikan permasalahan ketika melaksanakan proses pembelajaran. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat PTK untuk pembelajaran SD.

1.        Memperbaiki Mutu Pembelajaran

Proses pembelajaran di dalam kelas tentu saja tidak lepas dari berbagai macam kendala. Kendala tersebut biasanya muncul karena setiap siswa pada dasarnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, cara penyampaian materi pembelajaran yang tidak variatif juga bisa membuat siswa bosan sehingga materi pembelajaran tidak bisa diserap dengan baik oleh siswa. Melalui PTK guru dituntut untuk menemukan permasalahan yang dihadapi ketika melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas. Setelah menemukan permasalahan tentu saja guru harus menentukan metode/teknik/model pembelajaran yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Jika permasalahan dalam proses pembelajaran sudah bisa diatasi tentu mutu pembelajaran akan mengalami peningkatan.

2.        Mengembangkan Kurikulum di Sekolah

Kurikulum merupakan dasar utama untuk melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam pelaksanaan PTK di dalam kelas, guru telah melakukan implementasi kurikulum di dalam kelas dalam tataran praktis. Artinya, ketika melakukan PTK, kurikulum telah dikembangkan dan disesuaikan dengan situasi dan juga kondisi di dalam kelas. Pelaksanaan PTK akan membuat kurikulum berjalan dengan efektif melalui proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan juga menyenangkan.

3.        Meningkatkan Profesionalitas Guru

Dalam upaya penelitian yang dilakukannya, pemahaman dan juga kemampuan guru dalam mengajar akan mengalami peningkatan. Hal tersebut berkaitan dengan metode pembelajaran, isi pembelajaran, maupun kemampuan guru dalam menyusun laporan PTK tersebut. Dengan PTK guru dituntut untuk menemukan permasalahan ketika melaksanakan proses pembelajaran. Selanjutnya guru dituntut untuk mencari solusi agar permasalahan tersebut bisa dipecahkan. Selain itu, dalam proses penyusunan laporan PTK, guru juga dituntut meningkatkan intensitas membaca agar kemampuan menulisnya meningkat.

4.        Mengeksplorasi dan Mengembangkan Inovasi dalam Pembelajaran

Untuk menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran, guru harus menemukan solusi yang tepat agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan. Solusi tersebut bisa dilakukan dengan mengeksplorasi dan juga mengembangkan inovasi pada pendekatan, metode, strategi, dan juga media pembelajaran. Berbagai manfaat dari inovasi tersebut nantinya akan dirasakan oleh guru dan juga siswa. Inovasi pembelajaran akan meningkatkan profesionalitas guru. Guru akan belajar lebih giat guna mengembangkan inovasi pembelajaran yang diterapkan dalam PTK tersebut. Sementara itu, siswa juga akan merasakan hal baru dalam pembelajaran. Proses pembelajaran menjadi lebih bervariatif sehingga semangat siswa ketika belajar juga akan meningkat. Dengan menerapkan hal baru, diharapkan siswa tidak akan merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung.