14 Juli 2017 13:36:26

Apa Saja yang Harus Diketahui dari Pra Kondisi PLPG?

Menu pada aplikasi, terdiri dari 3 bagian yaitu menu untuk mentor, menu untuk guru, dan menu untuk admin ASG LPTK.

Memperoleh sertifikasi adalah keinginan dari hampir setiap guru di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan guru yang telah mendapat sertifikasi dianggap lebih diperhatikan kesejahteraannya oleh pemerintah. Untuk mendapat sertifikasi tersebut, ada syarat tertentu yang harus dilakukan guru yaitu mengikuiti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) telah resmi mengeluarkan petunjuk teknis (juknis) aplikasi yang digunakan untuk pra kondisi atau pembelakalan PLPG.

Pra kondisi atau pembekalan merupakan rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh guru yang akan menjadi peserta PLPG 2017. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar guru lebih siap dalam mengikuti PLPG mendatang. Pada pembekalan ini, guru sebagai peserta harus mengetahui beberapa informasi berikut ini.

  1. Peserta wajib memelajari 2 sumber belajar, yaitu sumber belajar pedagogik dan sumber belajar bidang studi.
  2. Pra kondisi PLPG dilaksanakan selama 3 bulan, dimana setiap peserta diwajibkan membuat laporan kemajuan sebanyak 4 kali.
  3. Nilai akhir pembekalan awal ini merupakan akumulasi dari 30% skor proses, 30% skor laporan, dan 40% skor presentasi laporan. 
  4. Pembekalan ini dilakukan dengan membentuk rombongan belajar (rombel). Setiap rombel pembekalan awal PLPG, rata-rata terdiri dari 10 orang peserta. Masing-masing rombel akan difasilitasi oleh 1 orang mentor.
  5. Mengunduh bahan ajar guru untuk pembekalan awal PLPG.
  6. Pembekalan awal dilaksanakan secara daring (online) pada alamat https://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan.


Memahami Menu dalam Aplikasi Pra kondisi PLPG

Lalu, apa saja yang terdapat dalam aplikasi pra kondisi PLPG 2017? Menu pada aplikasi, terdiri dari 3 bagian yaitu menu untuk mentor, menu untuk guru, dan menu untuk admin ASG LPTK. Sebagai peserta pra kondisi PLPG, guru harus paham betul dengan aplikasi ini. Guru tidak akan bisa menggunakan aplikasi jika tidak bisa login ke sistem. Namun, kali ini kita akan fokus untuk memahami pilihan menu pada akun guru.  Setelah masuk ke sistem dan membuka aplikasi, berikut ini beberapa bagian yang akan guru temui dalam menu untuk guru.

 1.      Dashboard

Bagian ini menampilkan data/profil peserta/guru dan daftar peserta setiap kelas/rombel.

2.      Mentoring

Proses mentoring diawali dengan guru mengklik bagian “masuk ke kelas”. Di dalam bagian tersebut ada 2 menu utama, yaitu menu forum dan menu laporan kemajuan.

3.      Laporan Kemajuan

Setiap peserta wajib mengumpulkan (mengunggah) 4 laporan hasil dari studi mandiri yang dilaksanakan yang terdiri dari 1 laporan untuk materi pedagogik dan 3 laporan untuk materi bidang studi. Batas pengumpulan laporan ditentukan oleh mentor. Laporan ini harus diunggah oleh guru/peserta karena merupakan bagian dari penilaian PLPG. setelah mengunggah laporan, peserta dapat melihat komentar yang diberikan mentor terhadap laporannya.

4.      Akun Peserta atau Guru

Bagian ini digunakan untuk menampilkan profil peserta, memperbarui informasi, dan mengubah password.