12 Juli 2017 12:52:59

Tata Cara Pendaftaran Komunitas SIM PKB dan Login Kanal Guru Pembelajar

Guru dapat mengakses https://sim.gurupembelajar.id/, sedangkan tenaga kependidikan dapat mengakses melalui http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/.

Program guru pembelajar tahun 2017 dikenal dengan istilah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Melalui program tersebut, setiap guru wajib masuk di komunitas Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKB yaitu komunitas KKG/MGMP, K3S/MKKS, dan MKPS. Jika guru belum tergabung dalam komunitas tersebut, maka semua aplikasi terkait  tidak akan bisa diakses, termasuk Info PTK yang berhubungan dengan tunjangan profesi. Pemerintah sangat memperhatikan keikutsertaan guru dalam komunitas SIM PKB. Melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), pemerintah menginstruksikan agar semua guru dan tenaga kependidikan terdaftar dalam kelompok kerja yang telah disediakan.

 

Keuntungan Menggunakan SIM PKB

Setelah mendaftar dalam komunitas SIM PKB, seluruh guru dan tenaga kependidikan akan memiliki akun masing-masing untuk dapat melihat rapor hasil uji kompetensi guru, mendaftarkan diri untuk mengikuti program guru pembelajar, dan memeroleh keterangan lain seputar program guru pembelajar. Untuk mendapatkan informasi yang diperlukannya, guru dapat mengakses https://sim.gurupembelajar.id/, sedangkan tenaga kependidikan dapat mengakses melalui http://pembelajar.tendik.kemdikbud.go.id/.

Kepala sekolah dan pengawas sekolah, sebagai tenaga kependidikan, memperoleh manfaat dengan memiliki akses untuk mengalihkan materi. Materi yang dapat dialhkan yaitu dari materi mata pelajaran ke materi kepala atau pengawas sekolah dengan Satminkal Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Jika sudah mengalihkan materi pelajaran, hal yang wajib diikuti kepala sekolah atau tenaga kependidikan lain adalah melakukan pretest sebagai syarat mengikuti diklat mata pelajaran yang dipilih. Agar dapat melakukan pretest tersebut, tenaga kependidikan dapat menghubungi dinas terkait.

Alur Pendaftaran Komunitas ke SIM PKB

  1. Ketua komunitas mengajukan registrasi komunitas kelompok kerja ke dinas melalui operator dinas.
  2. Operator dinas menerima ajuan registrasi komunitas kelompok kerja dan menerbitkan SK komunitas. Kemudian operator dinas login ke  SIM untuk melakukan registrasi ke dalam sistem.
  3. Ketua komunitas melakukan login ke sistem untuk melengkapi data, menambahkan atau memverifikasi anggota ke daftar komunitas yang bergabung pada komunitas kelompok kerja, menentukan lokasi pusat belajar, serta membagikan akun anggota komunitas kerja.
  4. Calon anggota komunitas kemudian registrasi ke SIM dengan nomor Uji Kompetensi Guru (UKG) dan tanggal lahir. Selanjutnya, calon anggota harus login untuk melengkapi data sekaligus memilih untuk bergabung ke komunitas kelompok kerja yang mana, tentu yang sudah terdaftar ke dalam sistem.
  5. Operator dinas dan ketua kelompok kerja melakukan monitoring informasi dari Dirjen GTK di sistem untuk selanjutnya dideseminasikan ke anggota atau stake holder.

Untuk menunjang SIM yang terpusat, maka setiap guru harus mampu menguasai komputer dan internet. Dengan itu, semua guru dapat melihat sendiri STKPnya melalui komunitas SIM PKB. Namun, yang juga perlu menjadi perhatian pemerintah adalah tidak sedikit guru yang belum paham mengenai komputer dan internet, terutama guru-guru di daerah yang terbatas akses informasi. Oleh karena itu, pengembangan SDM guru pun perlu ditingkatkan seiring berjalannya program SIM PKB agar dapat terlaksana dengan baik.