11 Juli 2017 15:52:41

Benarkah Bimbingan Belajar dapat Mengatasi Masalah Belajar Pada Anak?

Untuk mengatasi masalah belajar anak, orang tua perlu menemukan alternatif lain selain hanya pembelajaran di sekolah.

Belajar bertujuan untuk menciptakan perubahan perilaku menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika seorang anak memiliki prestasi belajar yang rendah, maka dengan belajar diharapkan seorang anak akan mengalami peningkatan prestasi. Sayangnya, tidak sedikit anak yang mengalami masalah belajar, terutama saat mereka belajar di sekolah. Masalah belajar anak di sekolah timbul karena anak menganggap bahwa belajar adalah aktivitas yang membosankan dan hanya dilakukan di sekolah. Anak merasa dituntut baik oleh orang tua atau guru untuk selalu belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru di sekolah.

Bimbingan Belajar Sebagai Alternatif Solusi

Untuk mengatasi masalah belajar anak, orang tua perlu menemukan alternatif lain selain hanya pembelajaran di sekolah. Salah satu alternatif yang dimaksud adalah asistensi belajar oleh tenaga profesional di luar jam sekolah atau disebut juga dengan bimbingan belajar. Jika anak beranggapan bahwa belajar hanya dilakukan di sekolah, maka orang tua perlu memberikan pengertian kepada anak bahwa kegiatan belajar juga bisa dilakukan di luar jam sekolah dengan mengikuti bimbingan belajar. Orang tua juga harus memberikan pengertian jika sebelumnya anak hanya dibebankan belajar di sekolah saja, maka dengan bimbingan belajar beban belajar anak di luar jam sekolah akan ditambahkan.

Jenis bimbingan belajar yang diberikan kepada anak bisa berupa les privat yang dilakukan di rumah. Dengan tambahan waktu belajar di rumah tersebut diharapkan adanya peningkatan prestasi belajar anak. Bimbingan belajar dapat diisi dengan mengerjakan PR yang diberikan oleh guru di sekolah serta mempelajari kembali pembelajaran yang dirasa sulit oleh anak selama di sekolah. Bimbingan belajar berupa les privat sifatnya individu, maka komunikasi yang dijalin antara anak dan pengajar akan semakin erat. Hal tersebut akan memudahkan anak yang pemalu untuk bertanya. Anak yang permalu biasanya enggan bertanya kepada guru ketika di sekolah. Dengan bimbingan belajar diharapkan anak akan aktif bertanya tentang kesulitannya dalam belajar sehingga pretasi belajarnya juga akan meningkat.

Memilih Bimbingan Belajar yang Sesuai untuk Anak

Menemukan tenaga profesional untuk membantu mengatasi masalah belajar anak perlu dilakukan orang tua dengan selektif. Pembelajaran dengan metode yang berbeda dan menghadirkan suasana berbeda dalam belajar sangat penting karena cara tersebut dapat menentukan keberhasilan seorang anak mengikuti bimbingan belajar. Orang tua juga harus menemukan sumber masalah belajar pada anak sehingga bisa menentukan arahan bimbingan belajar yang tepat.

Metode pembelajaran menjadi faktor yang penting dalam keberhasilan dalam belajar. Memilih metode bimbingan belajar sesuai gaya belajar anak perlu dicermati oleh orang tua. Setiap anak itu unik, mereka memiliki caranya sendiri dalam belajar yang tidak bisa disamaratakan dengan teman-temannya. Jika di sekolah anak harus menerima metode pembelajaran yang sama maka saat bimbingan belajar metode pembelajaran harus disesuaikan dengan gaya belajar anak. Gaya belajar anak dilihat dari kebiasaan belajar anak setiap harinya. Hal tersebut perlu diperhatikan setiap hari oleh orang tua atau tenaga profesional bimbingan belajar.  Prinsip bimbingan belajar harus berbeda dari sekolah yang cenderung kaku dan formal. Di sini anak harus merasa belajar adalah hal yang menyenangkan salah satunya dengan media pembelajaran yang beragam. Jika sudah menemukan gaya belajar yang tepat, maka pembelajaran akan semakin cepat terserap dan prestasi anak akan semakin meningkat.