08 Juli 2017 11:32:59

Menyambut Hari Pertama Sekolah di Tahun Ajaran Baru

orang tua harus mulai menyiapkan dukungan kepada anak jauh sebelum mereka mulai masuk sekolah.

Tahun ajaran baru merupakan periode penting baik bagi orang tua, anak, maupun guru yang mengajar di sekolah. Pada hari pertama sekolah, orang tua akan menyerahkan anak mereka kepada guru di sekolah untuk mendapatkan pendidikan. Menyiapkan buah hati kita untuk mulai bersekolah memang susah-susah gampang. Terasa susah karena kita perlu menyiapkan mereka untuk mulai mengubah kebiasaan dan rutinitas.

Kita sebagai orang tua tentunya ingin agar anak kita siap menghadapi hari pertamanya di sekolah. Hari pertama sekolah dapat menjadi tantangan tersendiri bagi anak kita. Mereka akan mulai belajar di lingkungan baru, bertemu dengan guru baru dan teman-teman baru, serta mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru. Tidak jarang beberapa anak menangis bahkan tantrum pada hari pertamanya masuk sekolah. Hal tersebut terjadi karena anak belum siap secara psikis untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Jika selama ini anak dapat bermain sepuasnya di rumah, setelah masuk sekolah anak dituntut untuk dapat duduk tenang setidaknya selama 15-20 menit. Anak dituntut untuk memiliki beberapa kemandirian selama berada di sekolah, seperti mengerjakan tugas, makan, atau pergi ke toilet secara mandiri. Anak kita pun harus dapat bangun lebih awal agar tidak terlambat masuk sekolah. Selain itu, kita perlu menyiapkan anak kita agar tidak merasa takut atau khawatir dengan lingkungan baru. Menyiapkan mereka untuk mulai bersekolah bisa terasa gampang karena anak-anak pada dasarnya memiliki keinginan untuk mengeksplorasi lingkungan baru seperti sekolah.

Oleh karena itu, kita harus mulai menyiapkan dukungan kepada anak kita jauh sebelum mereka mulai masuk sekolah. Kita beritahukan kepada mereka sejak satu bulan atau dua minggu sebelumnya bahwa mereka akan mulai masuk sekolah. Semakin mendekati hari masuk sekolah, kita mulai menyiapkan berbagai kebutuhan sekolahnya. Kita siapkan pakaian, perlengkapan, dan daftar menu bekal sekolahnya setidaknya seminggu sebelum sekolah. Kita ajak anak kita menyiapkan kebutuhan sekolah bersama-sama agar mereka merasa diprioritaskan dan diperhatikan. Dengan demikian, anak kita akan memiliki rasa antusias dan motivasi yang lebih untuk masuk sekolah.

Kita perlu ingat bahwa kebutuhan sekolah anak kita tidak terbatas pada kebutuhan fisik seperti seragam atau perlengkapan sekolah. Kita juga perlu mempersiapkan kebutuhan psikis anak kita seperti kemandirian, ketenangan, keamanan, dan kenyamanannya. Membiasakan anak tidur lebih awal, bangun lebih pagi, dan toilet training dapat menyiapkan kemandiriannya. Kita ceritakan hal-hal menarik yang akan mereka dapatkan selama di sekolah agar mereka tenang. Kita dapat menceritakan pengalaman kita sendiri saat pertama kali bersekolah. Mengantar anak pada hari pertama sekolah dapat memberikan keamanan dan kenyamanan mereka dalam menghadapi lingkungan baru, serta memberikan rasa percaya diri kepada anak kita.

infografis hari pertama masuk sekolah