07 Juli 2017 15:52:42

Ayah dan Bunda, Lakukan Hal Ini di Hari Pertama Anak Masuk Sekolah!

Beri dukungan agar anak kita dapat melalui hari pertama sekolah dengan baik.

Hari pertama sekolah merupakan hari yang penting bagi orang tua dan buah hati. Pada hari itu, anak kita akan mulai masuk sekolah untuk pertama kalinya. Hari pertama sekolah merupakan langkah awal anak kita memulai rutinitas baru, yaitu rutinitas sekolah. Setelah mulai masuk sekolah, anak kita akan menghabiskan waktunya belajar dan bermain di lingkungan sekolah.

Kita sebagai orang tua tentunya ingin anak kita dapat melalui hari pertama sekolahnya dengan lancar. Agar anak kita dapat melalui hari pertama sekolah dengan baik, kita perlu melakukan hal-hal berikut.

1. Menyiapkan Sarapan

Hal pertama yang harus kita siapkan pada hari pertama sekolah adalah sarapan yang bergizi. Kita pilih menu sarapan yang memenuhi asupan gizi anak seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak. Kita pastikan pula porsi yang diberikan kepada anak kita cukup. Sarapan yang cukup dan bergizi sangat penting sebagai sumber energi anak kita dalam menghadapi hari pertamanya di sekolah.

2. Berangkat Lebih Awal

Kita perlu berangkat ke sekolah lebih awal karena lalu lintas akan padat pada hari pertama sekolah. Kita usahakan untuk sampai 15 menit lebih awal sebelum jam masuk sekolah. Sepanjang perjalanan, kita dapat menceritakan kembali hal-hal positif yang dapat dilakukan anak di sekolah seperti berkenalan dengan teman baru, memberi salam kepada guru, dan memperhatikan guru di sekolah.

3. Mengantar Anak ke Sekolah

Kita antarkan anak dan menemaninya masuk sampai halaman sekolah. Mengantar anak ke sekolah merupakan kesempatan membangun hubungan yang positif antara orang tua dan pihak sekolah. Biasanya, orang tua akan mendapatkan berbagai informasi tentang sekolah pada hari pertama seperti tata tertib dan program sekolah. Kita pun akan memiliki cukup kesempatan menjalin komunikasi dengan pihak sekolah. Mengantar ke sekolah pada hari pertama juga dapat memberikan rasa aman kepada anak kita. Sebab, anak kita mungkin masih takut dengan lingkungan sekolah yang baru. Namun, kita tidak perlu menemani sampai ke dalam kelas agar anak kita dapat berkonsentrasi dengan gurunya.

 

4. Berkenalan dengan Wali Kelas dan Guru

Saat mengantar anak ke sekolah, kita usahakan bertemu langsung dengan wali kelas atau guru. Kita sampaikan karakter dan kebiasaan belajar anak kita kepada wali kelas atau guru sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kegiatan belajar di kelas. Kita juga perlu menanyakan cara menghubungi mereka agar komunikasi dapat terjalin dengan baik. Dengan demikian, orang tua dapat memantau perkembangan anaknya selama di sekolah.

5. Berkeliling Bersama di Sekolah

Kita luangkan waktu untuk mengajak anak kita berkeliling di lingkungan sekolah. Kita diskusikan fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah bersama buah hati dan hal-hal menarik yang akan mereka dapatkan. Dengan berkeliling bersama, kita dapat memeriksa fasilitas yang akan digunakan anak sekaligus memotivasi anak kita. Kita ajarkan cara berperilaku yang baik di sekolah, cara menggunakan fasilitas sekolah, dan cara mereka bersikap kepada teman sebaya. Dengan melihat langsung atau mempraktikkan, anak akan lebih mudah memahami penjelasan kita.

6. Mengawasi dan Mengevaluasi

Jika perlu, orang tua dapat melihat kegiatan yang berjalan di sekolah selama setengah hari. Kita dapat melihat cara guru mengajar dan mendidik anak kita di sekolah. Kita pun dapat melihat cara anak kita berinteraksi dengan guru dan teman sebayanya. Pada waktu istirahat atau pulang sekolah, kita tanyakan pengalaman anak pada hari pertama sekolah. Kita berikan apresiasi positif sehingga anak antusias untuk bersekolah keesokan harinya.

7. Mengabadikan Pengalaman Hari Pertama dengan Foto

Kita pun dapat mengabadikan pengalaman buah hati kita pada hari pertama sekolahnya. Kita dapat mengambil foto kegiatan anak kita atau saat mereka bersama guru maupun teman baru. Mengabadikan pengalaman hari pertama sekolah dapat menjadi kenang-kenangan berharga bagi anak kita sekaligus pengingat. Hal yang perlu diingat orang tua adalah berhati-hati saat mengunggah foto anak ke media sosial agar tidak memancing tindak kejahatan kepada anak.

hari pertama sekolah