07 Juli 2017 15:14:43

Ini yang Harus Orang Tua Lakukan Seminggu Sebelum Anak Masuk Sekolah!

Anak harus kembali mempersiapkan diri untuk terbiasa dengan rutinitas sekolah.

Sebentar lagi, tahun ajaran baru akan dimulai. Anak kita harus mulai bersiap untuk masuk sekolah setelah diterima di sekolah baru maupun naik kelas. Mereka harus kembali mempersiapkan diri untuk terbiasa dengan rutinitas sekolah. Rutinitas setelah masuk sekolah tentunya berbeda dengan rutinitas di rumah. Selama di rumah, anak kita dapat tidur lebih malam, bangun lebih siang, dan bermain sepuasnya. Namun, semua kebiasaan tersebut tidak dapat lagi diterapkan setelah anak mulai masuk sekolah. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus membantu anak kita agar siap masuk sekolah.

Perubahan rutinitas selama liburan kemudian masuk sekolah dapat membuat anak kita terkejut. Kita perlu menyiapkan kebutuhan anak kita sejak jauh-jauh hari agar mereka lebih terbiasa. Kita dapat mulai mengajak anak bersiap sejak satu minggu sebelum hari pertama masuk sekolah. Kita ajak anak tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Hal ini akan memudahkan anak kita bangun pagi saat mulai masuk sekolah.

Selain kebiasaan tidur awal dan bangun pagi, kita pun perlu menyiapkan kebutuhan sekolah anak kita. Kita ajak anak kita menyiapkan kebutuhan sekolahnya bersama-sama. Dengan demikian, anak akan termotivasi untuk masuk sekolah tanpa disuruh-suruh orang tua. Berikut beberapa persiapan yang dapat kita lakukan bersama anak kita sebelum sekolah dimulai.

1. Menyiapkan Pakaian dan Perlengkapan Sekolah

Kita ajak anak kita menyiapkan pakaian dan perlengkapan sekolah sejak jauh-jauh hari. Sebab, barang-barang tersebut akan cepat habis pada musim tahun ajaran baru. Jika kita tidak menyiapkannya sejak dini, ada kemungkinan kita akan kehabisan barang-barang tersebut.

Kita mulai dengan mengajak anak kita melihat koleksi yang masih ada di rumah seperti seragam, sepatu, kaus kaki, tas, buku, dan alat tulis. Dengan mengajak anak menyiapkan kebutuhan sekolahnya, mereka akan mulai termotivasi untuk bersekolah. Jika seragam dan sepatu sudah tidak muat lagi atau alat tulisnya habis, baru kita ajak anak membeli barang-barang tersebut. Sebaiknya, kita tidak membiasakan anak langsung membeli perlengkapan sekolah setiap tahun ajaran baru dimulai. Hal tersebut akan membuat anak memiliki sikap boros. 

2. Merapikan Rambut dan Kuku

Kita ajak juga anak kita untuk merapikan rambut dan kukunya. Dengan merapikan rambut dan kuku, kita memotivasi anak untuk menjaga kerapian dan kebersihan. Kita tanamkan kepada mereka bahwa penampilan yang rapi dan bersih akan membuat mereka disayangi teman. Kita berikan pengertian kepada anak untuk rutin merapikan rambut dan kukunya.

Terkadang, anak kita takut jika rambutnya harus dirapikan atau dipotong. Begitu juga saat kuku mereka akan dirapikan. Mereka sering berontak karena menganggap kegiatan tersebut menyakitkan. Kita perlu menjelaskan bahwa kegiatan merapikan rambut dan kuku tidak menimbulkan rasa sakit jika mereka tenang. Kita jelaskan pula bahwa setelah dirapikan, rambut akan tumbuh lebih sehat dan kuku mereka akan lebih bersih.

3. Menyiapkan Daftar Menu Bekal Sekolah

Selain perlengkapan sekolah, kita juga perlu menyiapkan daftar menu untuk bekal sekolah. Kita siapkan menu makan siang dan camilan yang bergizi. Kita ajak anak menyiapkan daftar menu tersebut bersama-sama. Kita berikan kesempatan kepada anak untuk memasukkan menu yang mereka sukai. Jika menu pilihan anak kita belum memenuhi nilai gizi seimbang, kita ajak mereka berdiskusi agar gizinya tercukupi. Dengan memberikan kesempatan memilih menu bekal, anak akan menghabiskan makanannya karena sesuai dengan selera.

Kita pun dapat mengajari anak untuk menghindari makanan tertentu jika mereka memiliki alergi. Sambil menyusun menu bekal bersama-sama, kita beritahukan makanan yang menimbulkan alergi bagi dirinya serta akibat yang ditimbulkan. Kita tekankan pula agar mereka tidak jajan sembarangan. Dengan menyiapkan daftar menu bekal, kita dapat menjaga asupan gizi anak kita selama di sekolah.

persiapan masuk sekolah dasar