20 Juni 2017 09:48:41

Mencermati Perubahan Komponen RPP Kurikulum 2013 Tahun ajaran 2017/2018

Perubahan komponen RPP Kurikulum 2013 memudahkan guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai Kompetensi Dasar (KD).

Pemerintah telah mengeluarkan pedoman terbaru tentang perubahan komponen RPP Kurikulum 2013 yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2017/2018. RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan tatap muka dalam satu kali pertemuan atau lebih. Perubahan komponen RPP Kurikulum 2013 sendiri sangat berguna untuk memudahkan guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai Kompetensi Dasar (KD) yang akan dicapai. Selain itu, kegiatan belajar mengajar diharapkan dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan efisien. Dengan demikian, akan timbul motivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta mengembangkan inisiatif, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

Penyusunan RPP dikembangkan dari silabus secara lengkap dan sistematis berdasarkan KD dan tema serta subtema. Ada beberapa perubahan komponen RPP Kurikulum 2013 yang perlu dicermati oleh guru dalam perubahan komponen RPP Kurikulum 2013 merujuk pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Berikut ini komponen-komponen RPP tematik terpadu yang sesuai dengan Kurikulum 2013.

  1. Identitas sekolah berupa nama satuan pendidikan.
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema yang akan diajarkan menggunakan RPP terkait.
  3. Kelas/Semester yang akan diajarkan menggunakan RPP terkait.
  4. Materi Pokok ditentukan berdasarkan KD dan indikator atau tujuan yang akan dicapai dalam bentuk butir-butir singkat.
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai keperluan untuk mencapai KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
  6. Tujuan Pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur serta mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi dicantumkan untuk mempertimbangkan pengembangan materi pembelajaran.
  8. Materi pembelajaran harus memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator kompetensi yang  akan dicapai.
  9. Metode Pembelajaran dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa dan KD yang akan dicapai untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
  10. Media pembelajaran berupa beragam alat bantu proses pembelajaran untuk memudahkan penyampaian materi pelajaran.
  11. Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan.
  12. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.
  13. Penilaian hasil pembelajaran dibuat sesuai kompetensi yang dicapai dan materi yang diajarkan.

Perubahan komponen RPP Kurikulum 2013 akan diberlakukan secara menyeluruh pada semua sekolah mulai tahun ajaran 2017/2018. Komponen RPP tersebut bersifat minimal, yang berarti setiap satuan pendidikan boleh menambah komponen lain yang memudahan pelaksanaan pembelajaran. Isi dari setiap komponen tambahan dapat menyesuaikan KD, beban materi ajar, karakteristik peserta didik, dan lingkungan mengajar. Perubahan komponen RPP Kurikulum 2013 sebaiknya diperhatikan supaya tidak terjadi permasalahan dalam pelaksanaan administrasi guru di kemudan hari. 


gabung rumah juara

DAFTAR DI SINI