09 Juni 2017 09:47:20

Memilih Sekolah Dasar Terbaik untuk Anak Kita

Ilustrasi : Menemukan sekolah dasar terbaik untuk anak adalah tanggung jawab orang tua.

Ketika anak kita sudah memasuki usia sekolah, kita sebagai orang tua harus mempersiapkan pendidikan formal untuk mereka. Hal terpenting yang perlu dicatat orang tua dalam memilih sekolah adalah memastikan lingkungan tersebut baik dan kondusif untuk anak berkembang. Lingkungan sekolah yang kondusif merupakan investasi jangka panjang yang diberikan orang tua kepada anaknya. Sebab, faktor lingkungan memberikan dampak sangat besar terhadap perkembangan anak di masa depan.

Menemukan sekolah yang terbaik untuk anak memang susah-susah gampang. Orang tua perlu mempertimbangkan beberapa hal saat memilih sekolah untuk buah hati. Berikut hal-hal yang perlu diketahui orang tua saat memilih sekolah terbaik untuk anak.

1.    Biaya Sekolah

Orang tua perlu merencanakan biaya pendidikan sejak jauh-jauh hari. Seiring dengan kualitas pendidikan yang semakin meningkat, maka biaya yang dikeluarkan pun tidaklah sedikit. Berbagai biaya seperti uang pangkal sekolah dan SPP haruslah sesuai dengan kemampuan finansial agar kita dapat konsisten menyekolahkan anak di satu sekolah yang sama. Selain itu, orang tua juga harus mempertimbangkan pengeluaran untuk seragam, buku, kegiatan sekolah, akomodasi atau jemputan, dan bekal atau jajan.

2.    Kualitas Sekolah

Orang tua perlu mengetahui visi dan misi sekolah agar tujuan bersekolah semakin terarah. Sebab, kualitas pendidikan sangat menentukan tumbuh kembang anak kita di sekolah. Setiap sekolah biasanya memiliki ciri khas tersendiri dalam mendidik. Kita perlu memperhatikan apakah hal tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Sekolah yang dipilih harus bisa menjadi wadah untuk mengembangkan potensi dan keunikan anak kita. Hal tersebut dapat terlihat dari metode yang digunakan guru dalam mengajar, media yang digunakan sekolah, dan kegiatan-kegiatan yang menunjang pelajaran.

3.    Fasilitas Sekolah

Kebanyakan orang tua akan mempertimbangkan faktor fasilitas ketika memilih sekolah karena ingin memberikan kenyamanan dan keamanan kepada anaknya. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut karena pembelajaran yang efektif harus ditunjang dengan fasilitas memadai. Selain itu, orang tua juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan sekolah. Lingkungan yang bersih, aman, dan nyaman akan membuat anak kita betah di sekolah.

4.    Jarak Sekolah

Orang tua perlu memprioritaskan sekolah yang jaraknya dekat dengan rumah. Jangan sampai kita membuat anak kelelahan di jalan sehingga tidak semangat belajar saat sampai di sekolah. Faktor jarak sangat penting karena waktu yang dihabiskan anak di jalan dapat dimanfaatkan untuk beristirahat atau bermain.

5.    Kebutuhan Anak

Orang tua perlu memperhatikan kebutuhan anak dan melibatkan anak dalam memilih sekolah. Faktor anak ini penting karena sekolah merupakan tempat mereka mempelajari banyak hal untuk memenuhi perkembangannya. Sekolah yang dipilih harus benar-benar mengetahui kebutuhan psikologis anak kita. Jika anak kita perlu dikembangkan dalam ranah kemandirian, maka pilihlah sekolah yang mampu mengembangkan kebutuhan tersebut. Selain itu, tidak ada salahnya kita mengajak anak untuk berkunjung ke sekolah sebelum memilih. Kita biarkan anak merasakan sendiri lingkungan sekolah lalu mengajak mereka mendiskusikan hal yang dirasakan selama berkunjung.