07 Juni 2017 09:22:18

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SD Kota Yogyakarta 2017/2018

Ilustrasi : SIAP PPDB Online Kota Yogyakarta sudah dapat diakses oleh calon siswa dan orang tua.

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta secara resmi sudah menggunakan SIAP PPDB Online dalam pelaksanaan penerimaan siswa baru sekolah dasar. SIAP PPDB Online secara garis besar adalah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru (PPDB), mulai dari proses pendaftaran,proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime). Beralihnya sistem pendaftaran sekolah dasar Kota Yogyakarta melalui SIAP PPDB Online bertujuan untuk memberikan informasi tepat waktu dan transparan bagi masyarakat, terutama bagi sekolah dan orang tua calon peserta didik.

Peralihan prosedur ini ternyata dilakukan karena memberikan banyak keuntungan bagi  Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan Sekolah yang bersangkutan. SIAP PPDB Online dinilai dapat menjamin singergitas data antara Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan sekolah-sekolah dalam penyelenggaran penerimaan siswa baru. Pentingnya basis data terintegrasi bagi Pihak Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta maupun pihak sekolah sangat membantu dalam proses pendaftaran, dan kelanjutan proses di sekolah. Selain itu, SIAP PPDB Online juga menawarkan efisiensi pembiayaan sekolah dalam proses pendaftaran siswa baru, dapat meningkatkan reputasi sekolah, serta meningkatkan sumber daya manusia dalam penguasaan teknologi informasi.

Keuntungan lainnya adalah kemudahan akses bagi calon siswa dan orang tua. Jika dulu momen pendafaran siswa baru adalah momen yang paling membingungkan, terutama jika calon siswa dan orang tua harus berpindah ke beberapa sekolah karena ketersediaan data tidak bisa diakses secara online. Dengan SIAP PPDB Online, calon siswa dan orang tua akan lebih mudah mengakses informasi penerimaan siswa baru, mengurangi resiko terjadinya KKN, menjamin fasilitas dan pelayanan memuaskan dari pihak sekolah dan dinas pendidikan setempat, serta memperoleh jaminan ketertiban kemudahan dalam proses penerimaan siswa baru.

Saat ini SIAP PPDB Online Kota Yogyakarta sudah dapat diakses dengan alamat https://yogya.siap-ppdb.com/. Adapun ketentuan untuk menjadi peserta didik sekolah dasar antara lain :

  1. berusia 7 (tujuh) sampai 12 (dua belas) tahun pada tanggal 18 Juli 2016 atau berusia kurang dari 7 (tujuh) tahun pada tanggal 18 Juli 2016  apabila daya tampung sekolah belum terpenuhi.
  2. Menyerahkan Akta Kelahiran asli dan satu lembar fotocopy Akta Kelahiran,
  3. Bagi penduduk daerah menyerahkan satu lembar fotocopy Kartu Keluarga yang telah dilegalisasi oleh lurah setempat dan menunjukkan Kartu Keluarga asli,
  4. Bagi calon peserta didik dengan status famili lain dalam Kartu Keluarga maka wajib menyerahkan surat pengantar atau surat keterangan dari RT dan RW setempat yang menyatakan berdomisili sesuai dengan alamat yang tercantum dalam Kartu Keluarga.Pengajuan pendaftaran dilakukan secara online melalui situs www.yogya.siap-ppdb.com pada waktu yang telah ditentukan, kecuali bagi calon peserta didik baru asal sekolah luar Daerah dan lulusan tahun ajaran 2014/2015 yang memiliki penambahan nilai prestasi;
  5. Khusus calon peserta didik baru asal sekolah luar Daerah dan lulusan tahun ajaran 2014/2015 yang memiliki penambahan nilai prestasi, maka sebelum melakukan verifikasi Pendaftaran terlebih dahulu wajib melakukan pengajuan pendaftaran sekaligus pendataan nilai prestasi di Dinas mulai tanggal 4 Juni sampai dengan 21 Juni 2016.
  6. Calon peserta didik baru yang telah melakukan Verifikasi Pendaftaran akan mendapatkan Tanda Bukti Verifikasi Pendaftaran yang merupakan bukti sah sebagai peserta Penerimaan Peserta Didik Baru sistem Real Time Online;
  7. Setiap calon peserta didik baru yang telah melakukan verifikasi pendaftaran, kemudian melakukan undur diri tidak dapat melakukan pendaftaran lagi di seluruh sekolah yang mengikuti PPDB sistem Real Time Online.
Pengajuan pendaftaran sekaligus pendataan nilai prestasi di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta sebagaimana tersebut dilaksanakan dengan menyerahkan persyaratan :
  1. Formulir Pendataan yang telah diisi,
  2. Surat Keterangan Penambahan Nilai Prestasi,
  3. Fotocopy Kartu Keluarga bagi penduduk Daerah dilegalisasi lurah,
  4. Bagi calon peserta didik dengan status famili lain dalam Kartu Keluarga maka wajib menyerahkan surat pengantar atau surat keterangan dari RT dan RW setempat yang menyatakan berdomisili sesuai dengan alamat yang tercantum dalam Kartu Keluarga;
  5. Setiap calon peserta didik baru hanya memiliki satu kali kesempatan melakukan verifikasi pendaftaran;




Setelah semua kelengkapan siap, maka para orang tua calon siswa diharapkan memperhatikan jadwal SIAP PPDB Online Kota Yogyakarta 2017/2018 yaitu :

1. Pendaftaran PPDB Online SD
Lokasi : Sekolah Pilihan Pertama.
Waktu : 20 - 21 Juni 2016 mulai pukul 08:00 - 14:00 WIB

2. verifikasi PPDB Online SD
Lokasi : Salah satu sekolah pilihan
Waktu : 20 - 21 Juni 2016 mulai pukul 08:00 - 14:00 WIB

3.Seleksi PPDB Online SD
Lokasi : Online  (yogya.siap-ppdb.com)
Waktu : 20 - 21 Juni 2016 dapat diakses mulai pukul 08:00 - 23:59 WIB

4.Pengumuman PPDB Online SD
Lokasi : Online  (yogya.siap-ppdb.com) dan papan pengumuman sekolah pilihan
Waktu : 22 Juni 2016 dapat diakses mulai pukul 09:00 WIB

5. Pendaftaran Ulang SD
Lokasi : Sekolah Diterima
Waktu : 22 - 23 Juni 2016 mulai pukul 10:00 - 14:00 WIB