03 Juni 2017 10:00:12

Mempersiapkan Biaya Pendidikan untuk Masa Depan Anak

Ilustrasi : diperlukan perencanaan yang baik untuk mempersiapkan biaya pendidikan.

Memiliki buah hati memang menjadi dambaan semua orang tua. Tapi kebahagiaan itu juga harus diikuti dengan rasa tanggung jawab yang besar. Jika permasalahan pada tahun pertama dan kedua adalah asupan gizi dan tumbuh kembang. Selepas itu, orang tua juga harus mempersiapkan kematangan perkembangan anak untuk memasuki sekolah. Maka, persiapan finansial pun harus dipersiapkan orang tua bagi anaknya. Persiapan biaya pendidikan sendiri tidak bisa dilakukan ketika kepepet. Orang tua harus cukup jeli membuat perencanaan agar tidak bermasalah dikemudian hari.

Pendidikan adalah hal yang mutlak menjadi kebutuhan primer ketika seorang anak telah memasuki usia sekolah. Mahalnya pendidikan dasar berkualitas membuat orang tua tidak punya pilihan lain untuk merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Fasilitas yang memadai, pengajaran yang modern dan lingkungan yang kondusif sangat diidamkan orang tua untuk memfasilitasi anaknya selama di pendidikan formal. Tidak dipungkiri, biaya yang dibutuhkan sangatlah tinggi untuk mecapai ekspektasi tersebut.

Di kota besar seperti Jakarta, biaya masuk sekolah dasar unggulan dibutuhkan sekitar 10 – 50 Juta rupiah untuk uang pangkal sudah termasuk seragam, buku-buku pelajaran beserta kegiatan sekolah. Selebihnya, masih dibutuhkan SPP mulai dari 500 ribu perbulannya. Harga yang ditawarkan sekolah dasar tersebut menjadi tantangan orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Namun setiap masa penerimaan siswa baru sekolah-sekolah unggulan tersebut selalu dipenuhi para pendaftar.

Orang tua masih bisa memilih sekolah dasar negeri yang menerapkan peraturan bebas biaya bagi siswanya. Adanya bantuan dari dana BOS sedikit banyak meringankan beban biaya sekolah. Tidak ada salahnya menjadikan sekolah negeri sebagai pilihan bagi anak-anak kita. Kurikulum dengan standar nasional saat ini sudah dapat memenuhi kebutuhan akademik seorang anak. Namun, jika orang tua menginginkan fasilitas yang lebih bagus tidak ada salahnya memilih sekolah-sekolah swasta unggulan untuk menyekolahkan anak-anaknya. Sekali lagi, yang perlu diperhatikan adalah perencanaan yang baik.

Untuk merencanakan biaya pendidikan anak, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan. Berikut beberapa langkah singkat untuk menyiapkan biaya pendidikan anak:

  1. Tentukan jenis dan lokasi sekolah yang diinginkan untuk anak kita.
  2. Cek biaya di sekolah tersebut (uang pangkal dan SPP), termasuk kenaikan biaya per tahun.
  3. Proyeksikan berapa biaya pendidikan yang dibutuhkan saat usia anak kita mencukupi.
  4. Buat rencana tabungan/investasi untuk memenuhi biaya tersebut.
  5. Hitung berapa tabungan/investasi rutin yang dibutuhkan sesuai dengan instrumen tabungan/investasi yang rencananya akan digunakan.
  6. Menabung/berinvestasi secara disiplin dengan berpatokan pada rencana yang telah dibuat.