29 Mei 2017 11:29:48

Kiat Menjadi Ayah yang Berperan dalam Pembentukan Karakter Keluarga

Ilustrasi : Semua anak membutuhkan kehadiran ayah untuk mendampingi saat mereka tumbuh dan berkembang.

Peran ayah dalam keluarga tidak terlepas hanya memberikan nafkah, namun juga berkontribusi dalam mendampingi tumbuh dan kembang anak-anaknya. Pengasuhan anak berada di tangan orang tua selama di rumah karena keluarga merupakan pendidik pertama sebelum anak-anak mengenal dunia luar. Sama halnya seperti Ibu, Ayah pun memiliki peran sebagai pendidik di rumah. Jika ibu banyak berperan mendidik anak dengan kasih sayang dan perhatiannya, Ayah pun ternyata memiliki peran dalam menanamkan nilai-nilai serta pembentukan karakter.

Keluarga harus menjadi tempat paling aman dan ayah memiliki peran sebagai pelindung keluarga. Selain ayah harus menjamin keamanan secara fisik, seorang ayah juga harus bisa melindungi moral keluarga. Ayah harus menentukan kapan harus memulai untuk mengajarkan anak bagaimana cara membela keluarganya. Ayah bisa mengajarkan bagaimana cara anak membela dirinya dan orang tuanya. Ayah juga bisa mengajarkan bagaimana menjaga kehormatan dirinya untuk menjaga kehormatan keluarganya.

Meski kesibukan sehari-hari untuk mencari nafkah keluarga merenggut waktu seorang Ayah, yang perlu diingat bahwa seorang anak selalu membutuhkan kehadiran seorang Ayah di setiap tahapan perkembangannya. Memiliki waktu untuk bermain dengan ayah yang selalu sibuk juga sangat menyenangkan baik bagi anak. Tidak sedikit anak yang menantikan hari libur agar dapat memiliki waktu bermain bersama ayahnya.

Seorang Ayah tidak perlu melakukan hal yang istimewa untuk anaknya. Semua anak hanya membutuhkan kehadiran ayah untuk mendampingi saat mereka tumbuh dan berkembang. Meluangkan waktu bersama keluarga untuk berdiskusi dan mendengarkan keluh kesah anak akan membuat hubungan psikologi ayah dan anak semakin kuat. Ternyata seorang ayah memiliki peran sebagi Ally atau teman yang menyenangkan bagi anak-anak. Maka dari itu, waktu seorang Ayah sangat berharga di tengah keluarga.

Harus bisa dimengerti bahwa peran ayah sama besarnya dengan peran ibu, dalam berbagai hal yang berbeda. dan harus disadari bahwa anak adalah seorang peniru yang sangat cepat Anak akan lebih cepat mencontoh perilaku dibanding mengikuti perintah. Di dalam keluarga, role model anak-anak adalah orang tuanya. Maka dari itu sangat penting peran ayah sebagai panutan anak dalam keluarga. Untuk membentuk karakter yang baik, maka setiap ayah harus dapat menjadi panutan yang baik dan layak dicontoh oleh seluruh anggota keluarga. Dengan begitu ayah dapat berperan maksimal pembentukan karakter keluarga.