Perencanaan Pembelajaran (Silabus dan RPP) untuk Kurikulum 2013

$alt
Perencanaan Pembelajaran (Silabus dan RPP) untuk Kurikulum 2013

Model pembelajaran tematik-integratif digunakan untuk pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A. Penggunaannya disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Untuk menciptakan pembelajaran tematik-integratif, diperlukan perencanaan pembelajaran yang dibuat guru. Perencanaan pembelajaran berupa gambaran kegiatan selama di dalam kelas. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada standar isi. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan dengan pendekatan pembelajaran yang digunakan.

A. Silabus
Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar sesuai dengan pola pembelajaran setiap tahun ajaran. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran. Silabus memuat beberapa hal sebagai berikut.

  1. Identitas sekolah, meliputi nama satuan pendidikan dan kelas.
  2. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
  3. Kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.
  4. Khusus SD/MI/SDLB/Paket A terdapat tema.
  5. Materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan. Semuanya ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
  6. Pembelajaran, merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
  7. Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar siswa.
  8. Alokasi waktu, disesuaikan dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun.
  9. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan.

B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan efisien. Komponen RPP terdiri dari:identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;

  1. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  2. kelas/semester;
  3. materi pokok;
  4. alokasi waktu, ditentukan berdasarkan keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan kompetensi dasar yang harus dicapai;
  5. tujuan pembelajaran, dirumuskan berdasarkan kompetensi dasar;
  6. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  7. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan. Semuanya ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  8. metode pembelajaran, meliputi suasana belajar dan proses pembelajaran;
  9. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  10. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  11. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; serta
  12. penilaian hasil pembelajaran. 

Membuat silabus dan RPP memang menjadi kendala terbesar bagi setiap guru, minimnya panduan dan banyaknya data yang harus diinput biasanya menimbulkan masalah tersendiri. Terutama menghadapi tuntutan kurikulum 2013, dimana guru diberikan ruang untuk menyesuaikan proses belajar dengan kondisi dan fasilitas yang ada. Adanya model RPP dan silabus dapat membantu guru untuk menyesuaikan dan mengembangkannya sendiri. Rumah Juara siap membantu guru untuk menyediakan berbagai model RPP dan silabus sekolah dasar yang diperlukan. Bapak dan ibu guru bisa mengunduhnya secara gratis dengan mendaftarkan diri di sini.

Related Artikel


....

06 November 2017 | 09:13:27 | = 104

Membangun Karakter Bangsa melalui Literasi Digital
....

02 May 2017 | 15:28:54 | = 344

Semangat Nawa Cita pada Hari Pendidikan Nasional
....

29 August 2017 | 12:42:34 | = 192

Prosedur Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar