Manfaat Membawa Bekal ke Sekolah bagi Anak

$alt
Sumber: https://pxhere.com/id/photo/1010532

Jajan ketika di sekolah merupakan salah satu kebiasaan yang sering kita jumpai pada anak-anak. Padahal, berbagai jenis jajanan yang dibeli dan dikonsumsi anak ketika di sekolah belum tentu sehat dan bersih. Bahkan beberapa jenis jajanan mungkin mengandung berbagai macam bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan anak. Berbagai jenis makanan yang bervariasi dan juga menarik merupakan magnet bagi anak-anak untuk membeli aneka jajanan tersebut. Orang tua tentu tidak ingin anak mengkonsumsi sembarang makanan yang belum tentu terjamin kebersihan dan juga kesehatannya. Karena itu orang tua perlu melakukan upaya yang bisa mengurangi kebiasaan anak jajan sembarangan ketika di sekolah. Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan membawakan bekal makanan untuk anak ketika ke sekolah.

Apa Manfaat Membawakan Bekal Makan bagi Anak Ketika ke Sekolah?

Selain berguna untuk mengurangi kebiasaan anak jajan sembarangan ketika di sekolah, membawa bekal makan ke sekolah juga bisa memberikan banyak manfaat lain bagi anak. Berikut beberapa manfaat membawakan bekal makanan bagi anak ketika ke sekolah.

1.  Menyediakan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Dengan membawakan bekal makan kepada anak ketika ke sekolah, orang tua berarti telah melakukan kontrol terhadap makanan yang dikonsumsi oleh anak. Tidak hanya aman, tetapi juga bernutrisi dan mampu memberikan energi yang cukup bagi anak untuk melanjutkan aktivitasnya sepanjang hari ketika di sekolah. Agar anak lebih tertarik, orang tua bisa mengemas makanan yang disukai anak dengan cara yang bervariasi agar anak tidak bosan ketika mengonsumsinya.

2.  Mencegah Kebosanan Anak

Kantin yang ada di sekolah biasanya menyediakan jenis makanan yang sama pada setiap harinya. Untuk itu, orang tua bisa menyiapkan bekal makanan yang bervariasi/berbeda setiap harinya. Untuk penyajiannya, orang tua bisa menambahkan beberapa jenis makanan yang bisa menarik perhatian anak, seperti menambahkan irisan buah segar, atau bila perlu orang tua bisa belajar membuat bento.

3.  Efisiensi Waktu

 Saat jam istirahat/jam makan siang tiba, kantin sekolah biasanya sudah dipenuhi anak yang saling berdesakan untuk membeli makanan. Untuk mengantri membeli makanan, tentu anak membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena itulah, membawa bekal akan membantu anak menghemat waktu. Anak bisa langsung menyantap bekal makanannya tanpa harus mengantri di kantin sekolah.

4.  Menghemat Biaya

Membawakan bekal makan bagi anak ketika ke sekolah juga bisa menghemat uang saku anak. Sebagai contoh, orang tua bisa membuatkan bekal makanan yang mirip dengan yang dijual di kantin sekolah dan tentunya dengan biaya yang lebih murah. Selain itu, tentu anak tidak perlu mengeluarkan uang jajannya secara berlebih hanya untuk membeli jajanan di kantin atau di lingkungan sekolah.

Menentukan Bekal Makan yang Tepat bagi Anak

Memasuki masa pertumbuhan, anak memerlukan berbagai macam zat gizi yang bisa menyokong pertumbuhan dan perkembangannya, seperti protein, vitamin, mineral, dan lain sebagainya. Untuk menentukan jenis bekal bagi anak, orang tua bisa mengreasikan jenis makanan yang menyehatkan dan lengkap dengan berbagai macam zat gizi yang terdiri atas komposisi berikut.

  1. Makanan sumber karbohidrat, seperti nasi, roti gandum, pasta, dan mie.
  2. Berbagai macam sayuran.
  3. Makanan sumber protein, seperti daging, telur, ikan, kacang-kacangan, ikan, dan lain sebagainya.
  4. Berbagai macam buah-buahan.
  5. Jangan lupa membawakan air atau susu untuk anak.

Related Artikel


....

28 August 2017 | 10:30:14 | = 89

Mengenal Diskalkulia pada Anak
....

10 May 2017 | 12:02:36 | = 250

Mengajari Anak Cara Menghindari Bullying
....

08 August 2017 | 09:28:16 | = 131

6 Cara Mendidik Anak Tanpa Memarahi